Kenang Perjuangan KH. Hamid Dimyathi, SAPALA akan Gelar Napak Tilas

0
1089

Tremas : Gudep Pramuka Pondok Tremas dan SAPALA ( Santri Pecinta Alam ) akan menggelar agenda napak tilas perjuangan KH. Hamid Dimyathi.
Napak tilas yang digagas oleh Gus Muadz Harist ini tepat akan digelar seusai pelaksanaan Imtihan Cawu 1 ( satu ) Madrasah Salafiyah. Tepatnya pada hari Jum’at- Ahad, tanggal 28-30 November 2014. Route yang dilalui adalah dari Pondok Tremas Pacitan menuju monument Trawas di Hargorejo Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri Jawa Tengah.

Napak tilas digelar dalam rangka mengenang perjuangan pengasuh Pondok Tremas periode ke 4 yakni KH. Hamid Dimyathi yang dibunuh oleh PKI pada tahun 1948. saat itu beliau bersama beberapa orang pengikutnya hendak meminta bantuan keamanan ke Yogyakarta ( Ibu Kota Negara kala itu). Beliau bersama 15 orang lainya dibunuh oleh PKI di sekitar daerah Pracimantoro Wonogiri dan kemudian jenazahnya dibawa ke daerah Tirtomoyo serta dimasukkan begitu saja kedalam satu lubang. Hingga saat ini belum diketahui dimana letak makam KH. Hamid Dimyathi Berada. Wallahu A’lam

Pada masa perjuangan tahun 1945, KH Hamid Dimyathi bersama beberapa pengasuh ikut menerjunkan diri dalam kancah perjuangan. Bahkan KH Hamid masuk dalam KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) dan masuk dalam Partai Masyumi yang saat itu merupakan satu-satunya partai Islam. Karena itulah beliau jarang berada di Pondok sampai pada masa pemberontakan PKI Affair Madiun tahun 1948.

Kaos

Komentar Anda