Hujan Deras Tidak Menghalangi Kemeriahan Takbir Keliling di Pondok Tremas

0
1562

Takbir keliling seakan sudah menjadi tradisi rutin untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Seperti halnya yang dilakukan oleh Perguruan Islam Pondok (PIP) Tremas dan masyarakat Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Rabu (28/06/2023) malam.

Meskipun diguyur hujan, namun antusiasme santri dan masyarakat sangat luar biasa. Semua santri baik putra maupun putri kompak mengumandangkan takbir sambal membawa lampion.

“Seperti biasa di perguruan islam pondok Tremas ini setiap tahun terutama di malam hari raya idul adha ini mesti mengadakan kegiatan lomba takbir keliling, dan Alhamdulillah sudah beberapa tahun ini semakin meriah semakin hebat,” kata pembimbing Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pondok Tremas, KH. Muadz Harist Dimyathi.

Pria yang akrab disapa Gus Muadz itu menyampaikan, bahwa kegiatan takbir keliling di Pondok Tremas sudah berlangsung sejak 50 tahun yang lalu walaupun masih dilaksanakan secara sederhana. Akan tetapi 20 tahun terakhir ini masyarakat ikut serta memeriahkan kegiatan dengan penuh semangat.

“Ini menunjukkan bahwa sinergi antara santri dan masyarakat ini tak terpisahkan, karena Tremas adalah pondok , dan pondok adalah Tremas. Jadi, ini dua kesatuan yang berpadu menjadi satu yang tak akan terpisahkan sampai kapanpun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Muadz berharap kegiatan lomba takbir keliling akan memacu semangat para santri-santri dan juga masyarakat seluruh Desa Tremas. Pasalnya, kegiatan ini bukan mencari kemeriahannya saja, tetapi yang penting adalah syiar untuk mengagungkan nama Allah.

“Harapan saya untuk kedepan yang jelas syiar, apalagi ini adalah malam yang sangat luar biasa sekali. Malam yang penuh dengan keberkahan, maka sudah menjadi kewajiban di malam hari raya idul adha ini kita selalu mengagungkan asma Allah,” tandasnya.