Dakwah bil Hal, 243 Santri Tremas Ditugaskan di Pelosok Desa

0
384
Santri Tremas diberangkatkan Da'wah bil Hal
Santri Tremas diberangkatkan Da'wah bil Hal

Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan memberangkatkan santri kelas III Madrasah Salafiyah Aliyah Mu’adalah untuk melaksanakan kegiatan Dakwah bil Hal di beberapa desa. Pemberangkatan dipusatkan di halaman masjid, Sabtu (09/03/2024).

Kegiatan ini diikuti sekitar 243 santri yang ditugaskan di kampung sekitar guna mengabdikan diri di masyarakat. Dakwah bil Hal merupakan tugas wajib bagi santri Pondok Tremas yang baru saja menyelesaikan proses studinya.

Irvan Eka, salah satu peserta Dakwah bil Hal mengatakan bahwa tugas alumni Pondok Tremas bukan hanya mengaji di rumah saja. Namun, alumni juga harus mampu dan siap ketika dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal apapun.

“Kegiatan dakwah bil hal ini diadakan setiap tahun pada bulan ramadhan. Karena, setelah kelulusan santri III Aliyah harus menjalani kegiatan dakwah bil hal di masyarakat sekitar terlebih dahulu sebelum kembali ke kampong halaman,” kata santri asal purwodadi itu kepada redaksi, Senin (11/03/2024).

Santri Da'wah bil Hal diterima di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan
Santri Da’wah bil Hal diterima di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan

Ia menambahkan Santri Dakwah bil Hal tidak hanya menjadi imam sholat dab mengajar mengaji, tetapi juga membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan.

“Selain bertugas di masjid, kami juga membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan. Seperti, membantu mengajar di TPQ sekitar, mengajar ilmu agama di Sekolah Dasar, ada juga yang mengajar di Pondok Pesantren sekitar,” imbuhnya.

Acara pemberangkatan ini didampingi oleh penasehat asrama dan panitia kegiatan. Peserta berkumpul di halaman depan masjid sambil menunggu jemputan dari tuan rumah.

Sebagai informasi, kegiatan Dakwah bil Hal ini dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan. Bahkan ada beberapa yang dikirimkan di daerah Wonogiri, Klaten, dan Sukoharjo.

Penulis: Dhimas Hary S