Membanggakan, Santri Pondok Tremas Raih Juara 1 MQK Tingkat Provinsi

0
1180
Zulfa Musyarofah bersama dengan pengasuh Pondok Tremas setelah berhasil menjuarai MQK tingkat provinsi
Zulfa Musyarofah bersama dengan pengasuh Pondok Tremas setelah berhasil menjuarai MQK tingkat provinsi

Tremas– Keluarga besar Perguruan Islam Pondok (PIP) Tremas Pacitan, patut berbangga. Pasalnya, Zulfa Musyarofah santri PIP Tremas asal Kecamatan Punung, Pacitan berhasil meraih juara pertama dalam Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) tingkat provinsi kategori Tauhid Marhalah Ulya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Musabaqoh tersebut dilaksanakan pada Senin-Rabu, (05-07/06/2023). Lomba baca kitab kuning tersebut diikuti seluruh santri di Jawa Timur. Pada kategori Tauhid Marhalah Ulya sendiri diikuti oleh 29 peserta putra dan putri.

Zulfa, sapaan akrab Zulfa Musyarofah, menceritakan dirinya mempersiapkan diri untuk perlombaan tersebut hanya dengan kisaran waktu 2 minggu.

“Sebenarnya ada pemberitahuan lomba itu sudah lama, 1 bulan sebelum acara. Yang mana saya kebagian Tauhid tingkat Ulya, tapi setelah di pondok tidak langsung persiapan karena banyaknya kegiatan,” katanya saat dikonfirmasi pondoktremas.com, Kamis (08/06/2023).

Zulfa mengakui, untuk meraih juara bukanlah perkara yang mudah. Dirinya berlatih membaca kitab dan dilanjutkan tanya jawab. Menurutnya, selain belajar dengan tekun keberhasilan juga berkat doa para guru.

“Saya berinisiatif untuk melek wengi (qiyamul lail) untuk belajar dan berdoa. Tentunya banyak rintangan, namun hal tersebut dapat terselesaikan berkat ikhtiar dan tawakal serta doa dan dukungan dari masyayikh, guru-guru dan santri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Zulfa menyampaikan pesan kepada para santri agar selalu haus akan ilmu. Teruslah belajar dengan niat yang tulus dan menjaga nama baik pesantren.

“Semangat dan semangat! mari bersama tetap belajar belajar dan belajar. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang kalian peroleh, tulislah sejarah terbaik dalam perjalanan kalian dan tetap jaga nama baik almamater  kita pondok tremas tercinta,” tandasnya.