Wujudkan Solidaritas, Santri Pondok Tremas Gelar Donor Darah

0
474
Suasana santri putri pondok tremas sedang berdonor darah
Suasana santri putri pondok tremas sedang berdonor darah

Tremas– Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) putri mengadakan donor darah bersama tim Palang Merah Indonesia (PMI) Pacitan (16/06/23). Banyak dari santri putri yang ikut berpartisipasi menjadi relawan donor darah dimulai dari pendaftaran pada kemarin siang (15/06/23) dilanjut cek HB dan cek golongan darah.

Diantara banyaknya santri yang lulus screaning, ada juga santri yang tertolak menjadi pendonor karena belum memenuhi syarat seperti HB dibawah 12,5, berat badan kurang dari 45 Kg, dan tensi darah dibawah 110.

“Agak nyesel, si soalnya kan udah daftar terus udah cek HB dan tensi darah, ternyata tensi darahku cuma 90” ucap salah satu santri, Nabila Maulida Wantoko (2 Aliyah).

Tak hanya santri saja yang berpartisipasi menjadi pendonor melainkan ada beberapa ustadzah dan ma’hadiyah diantaranya Ustazah Akmala Zulfa dan Ustazah Melda Abida.

Bagi santri yang pertama kali melakukan donor darah sempat merasakan pusing dan kantuk, tak sedikit juga santri yang lemas setelah mendonor hal ini merupakan suatu kewajaran menurut penuturan dr. Firman dalam wawancara seputar donor darah (16/06/23)

“seneng, bisa menjadi salah satu relawan. Mereka selamat kita sehat, hehe” kata santri kelas 3 Aliyah, Darisalamah setelah berhasil mendonorkan darah.

Penulis : Intan Akmala R