Kagumi Syaikh Mahfudz Attarmasi, Staf Kemendikbud RI kunjungi Pondok Tremas

0
479

Tremas : Enam orang staf dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud RI) melakukan kunjungan ke Pondok Tremas Pacitan. Selasa (18/11) malam. Mereka berkunjung dalam rangka mengumpulkan informasi dan reverensi seputar karya Syaikh Mahfudz Attarmasi.

Kunjungan staf tersebut diterima oleh Kepala Perpustakaan Attarmasi, Joko Pitono, A.Ma.Pust. selanjutnya mereka dihantarkan untuk bertemu dengan Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan KH. Fuad Habib dan KH. Luqman Harist Dimyathi.

Dari pertemuan dengan pengasuh, staf kemendikbud memperoleh banyak informasi seputar syaikh mahfudz attarmasi beserta karya-karyanya. Mereka merasa kagum dengan ulama internasional asal tremas ini yang dapat mengarang berpuluh-puluh kitab yang hingga kini karyannya masih dipelajari para santri di Indonesia dan menjadi literatur wajib di beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

Selain itu, mereka mendapatkan informasi seputar jaringan ulama nusantara yang salah satu pionirnya adalah KH. Abdul Manan Dipomenggolo, pendiri pertama Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Selanjutnya, staf kemendikbud juga berkesempatan melihat secara langsung koleksi kitab-kitab dan buku yang lengkap didalam perpustakaan attarmasi. Mereka juga bertanya tentang pengelolaan perpustakaan yang tiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para santri tersebut.

Selama berada di Pondok, mereka juga mengabadikan beberapa kegiatan Pondok yang sedang berlangsung.

Komentar Anda