Upacara 17an Digelar Khidmat Oleh Para Santri

0
546

Tremas : Peringatan HUT ke 70 Republik indonesia diperingati dengan khidmat oleh seluruh santri Pondok Tremas pacitan. Bendera merah putih dikibarkan dalam upacara detik detik proklamasi, Senin(17/8). di halaman masjid Pondok Tremas.

Rangkaian upacara 17an diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Pramuka Pondok Tremas  dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi dan teks pancasila.

Ust Ali Mufron didaulat menjadi pembina upacara. Dalam amanatnya, ia mengingatkan kepada santri tentang bagaimana jasa besar dan pengorbanan para pahlawan bangsa. Para pahlawan telah mengorbankan jiwa dan raganya agar terbebas dari belenggu kebodohan dan penjahahan.

Pada masa kemerdekaan, tidak sedikit pahlawan yang muncul dari rahim pesantren salah satunya KH Hasyim As’ari yang menyerukan Resolusi Jihad dalam mengusir penjajah. Beliau berfatwa bahwa hukum membela tanah air merupakan fardhu ain bagi tiap warga indonesia.

Selanjutnya upacara bendera diakhiri dengan pembacaan doa dan ditutup dengan menyanyikan lagu perjuangan dan Mars Pondok Tremas.

Dibagian lain, Pasukan pengibar bendera dari Pondok Tremas yang dipercaya oleh pemerintah kecamatan arjosari dalam upacara bendera di stadion citra mandiri Arjosari sukses menjalankan tugasnya.

Paskibra Pondok Tremas berhasil menarik perhatian dari seluruh peserta upacara. Para santri menunjukkan kemampuanya dihadapan Muspika dan kepala desa se kecamatan arjosari. Kesuksesan ini tidak lepas dari usaha para santri yang telah bersungguh sungguh dalam mengikuti karantina dan latihan selama seminggu.

 

Komentar Anda