Teliti Ma’had Aly, Santri Tebuireng Sambangi Tremas

0
838

Tremas : Dalam rangka menyambut terbitnya peraturan menteri agama atau PMA tentang pendidikan Ma’had Aly. Ma’had Aly Hasyim As’ari Pesantren Tebuireng Jombang melakukan penelitian di Ma’had Aly se pulau jawa.

Ma’had Aly Attarmasi Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan turut menjadi salah satu obyek penelitian bersama Sembilan ma’had aly lainya seperti Ma’had aly Aly Situbondo Ma’had Aly Al Hikmah Brebes dan Ma’had Aly Al-Fitroh Surabaya.

Tiga orang mahasantri dari Ma’had Aly Hasyim As’ari Pesantren Tebuireng Jombang melakukan penelitian di Ma’had Aly Attarmasi Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan. Selasa-Sabtu ( 3-7) kemarin. Mereka mengaku terkesan ketika melakukan penelitian di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Penelitian yang mereka lakukan dalam rangka menggali informasi terkait aktifitas perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi Ma’had Aly Attarmasi. Selama melakukan penelitian, mahasantri yang tercatat duduk di smester 6 tersebut melakukan wawancara dengan beberapa jajaran idaroh salah satunya Mudir Ma’had Aly KH. Luqman Harits.

Dari mudir ma’had aly, mereka mendapatkan banyak informasi diantarnya seputar latar belakang didirikanya ma’had aly tremas, tokoh –tokoh yang memprakarsai pendirianya dan sistem perkuliahan di Ma’had Aly. Sedangkan dari kantor idaroh Ma’had Aly, mereka juga memperoleh data seperti Statuta Ma’had Aly, kurikulum, daftar muhadir, jadwal perkuliahan dan data mahasantri.

Menurut mudir ma’had aly, Tradisi yang berkembang di Perguruan islam Pondok Tremas, berprinsip bahwa pesantren dan kitab kuning merupakan dua sisi suatu benda yang tidak terpisahkan. Sejak awal berdirinya telah banyak melakukan pengkajian karya-karya ’ulama klasik yang bersumber dari kitab kuning. Hal tersebut cukup relevant bagi santri yang berminat mendalami bidangh studi keagamaan secara mendalam.

Selanjutnya,data administrasi terkait ma’had aly yang telah tersusun akan dijadikan salah satu acuan untuk menyambut terbitnya PMA Ma’had Aly. Sehingga setelah PMA itu terbit, ma’had aly telah siap dari sisi administratif.

IMG_1328

 

 

Komentar Anda