Ngabuburit ala Santri Pondok Tremas

0
563

Tremas : Selama bulan suci Ramadhan, Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dipenuhi dengan kegiatan pengajian kitab kuning. Pengajian dimulai sehabis shalat subuh sampai pukul 24.00 istiwa’ kecuali waktu shalat dan berbuka puasa. Pengajian diikuti oleh seluruh santri putra dan putri.

Pengajian Ramadhan akan berlangsung hingga tanggal 27 Ramadhan nanti. Di antara puluhan kitab yang dibacakan oleh pengasuh dan para ustadz adalah kitab karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, kitab Risalah  Ahlussunnah wal Jamaah.

KH Luqman Harits Dimyathi memulai pengajian sehabis ashar. Serambi masjid Pondok Tremas dipenuhi oleh para santri yang dengan khidmat mendengarkan pembacaan kitab baris demi baris. Sesekali di sana sini diselingi humor segar yang menghangatkan suasana.

Sambil menunggu waktu berbuka tiba atau yang lazim disebut Ngabuburit, para santri memanfaatkan waktu senggang dengan melakukan ziarah ke makam masyayikh Pondok Tremas yang berada di Maqbaroh gunung Lembu yang berjarak 300 M barat daya pondok tremas. Di maqbaroh tersebut dimakamkan para kyai di antaranya Simbah KH Dimyathi bin Abdulloh (Simbah Guru), KH Abdurrozaq bin Abdulloh (Mursyid Thariqah Syadziliyah), KH Habib Dimyathi, KH Harits Dimyathi, dan para kiai lainnya.

Pengajian Ramadhan di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan akan ditutup dengan khataman kubro yang akan diikuti oleh seluruh pengasuh dan para santri, khataman kubro diisi dengan pembacaan tahlil dan ditutup dengan tausyiah pesan-pesan pengajian dari pengasuh.

Setelah khataman, Selanjutnya para santri akan pulang ke kampung halaman masing masing dan akan kembali ke pondok untuk memulai aktivitas belajar di madrasah pada tanggal 15 Syawwal nanti.

Komentar Anda