Kiai Fuad : Dekaplah Al Qur’an, Hidup Kita Menjadi Damai

0
311
KH Fuad Habib Dimyathi saat memberi sambutan

Tremas– Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi mengingatkan santri untuk selalu fokus kepada anugerah paling agung yang telah diberikan oleh Allah SWT, yaitu Al Qur’an.

Hal tersebut dituturkannya dalam Peringatan Nuzulul Qur’an Pondok Tremas bersama warga masyarakat Desa Tremas yang diselenggarakan di halaman masjid pondok setempat, jum’at (22/04/2022) malam.

Al-Qur’anul karim sebagai mukjizat agung yang mana menjadi petunjuk untuk umat manusia sekaligus menjadi tuntunan kita, untuk hidup kita, untuk bakti, juga untuk pengingat kita agar kita termasuk umat yang selamat dunia dan akhirat,” kata kiai dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan, betapa pentingnya untuk selalu menjaga diri dan keluarga kita agar selalu berada dalam ridho Allah SWT.

“Secara mujmal (global) Al-Qur’an menjelaskan banyak sekali pelajaran. Tentang bagaimana kita hidup, berbakti, cara kita menjaga diri agar kita tergolong orang yang beruntung didunia ini. Sehingga kita mendapat kehidupan yang selalu dijalan ridho Allah dan ridho dari segala yang bisa menghantarkan kehidupan kita menjadi lebih tenang dan tentram,” ungkapnya.

Ia juga mengutip perkataan dari salah satu sahabat Rosulullah SAW, yaitu Abu Bakar As-Siddiq bahwasanya Al-Qur’an adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan multidimensi.

Kiai Fuad menegaskan, untuk selalu berjalan dan berfikir dengan berlandaskan kepada Al-Qur’an. “Kita sebagai umat dari baginda Nabi Muhammad SAW untuk selalu bergerak, berjalan dan berfikir sesuai dengan tuntunan-tuntunan yang ada dalam Al-Qur’an, yang telah dijabarkan oleh Nabi Muhammad dalam hadist-hadistnya yang terus turun-temurun hingga sampai kepada kita saat ini” tutur beliau.

Lanjut, ia mengungkapkan bahwa selagi Al-Qur’an masih ada yg membaca dan mempelajarinya, insyaallah hari kiamat pun belum akan terjadi.

Alumni Pesantren Al Munawwir Krapyak, Yogyakarta itu berpesan untuk para santri dan warga yang telah menghadiri majlis untuk selalu muthola’ah dan istimror Al-Qur’an juga menjaganya sampai akhir hayat.

Penulis : Alex Maulana Arju G 

Redaktur : Zaenal Faizin