Khataman Kubro, Tutup Pengajian Ramadhan Santri Tremas

0
681

Tremas : Setelah melakukan kegiatan pengajian di bulan suci selama 27 hari, Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan menggelar acara Khataman kubro dalam rangka penutupan pengajian Ramadhan 1436 H, Senin malam (13/07). Para santri dengan penuh khidmat mengikuti acara khataman yang digelar di halaman ndalem Nyai Hj, Qibtiyah Habib.

Gus Muad Harits salah satu pengasuh mengatakan pada bulan suci ramadhan tahun ini Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan menggelar dan membacakan 73 kitab kuning kepada para santri. kitab yang dibaca diantaranya, kitab fan hadits, fiqih, ilmu alat dan ilmu hikmah.

“ Khataman kubro alhamdulillah tahun ini bisa menghatamkan 61 kitab dari 73 kitab yang dibaca. semoga bermanfaat dan berkah untuk yang membaca dan mustami’ nya dan mendapat berkah ramadhan amien” tutur beliau

Beliau mengaku sangat mengapresiasi semangat para santri dalam mengaji. karena mereka harus mengikuti rangkaian pengajian yang cukup padat di bulan Ramadhan ini, seraya berharap seluruh santri yang mengikuti pengajian ramadhan mendapatkan berkah dan semoga dapat menjumpai bulan suci ramadhan pada tahun depan.

Selama mengikuti pengajian ramadhan, para santri mendapatkan banyak ilmu dari keterangan keterangan yang dibacakan oleh para qori’ ( pembaca kitab). Lebih lanjut, Penjelasan tentang kajian islam yang lengkap hanya terdapat saat mengikuti pengajian di pesantren.

“ Kajian-kajian islam yang paling murni insya Allah hanya ada di pesantren, lalu untuk media google dan medsos masih perlu ektra hati-hati untuk kita kaji” tambah beliau

Dalam acara khataman kubro yang digelar sehabis jamaah terawih ini diisi dengan pembacaan kalimah toyyibah tahlil dan tausyiah yang disampaikan oleh pengasuh. beberapa pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan tampak hadir diantara pengasuh KH.Fuad Habib Dimyathi, KH.Luqman Harits Dimyathi, KH. Muhammad Habib dan KH. Achid turmudzi.

Dengan ditutupnya pengajian ramadhan tahun 1436 H, maka seluruh kegiatan pengajian di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan untuk sementara waktu diliburkan dan kegiatan KBM madasah salafiyah akan dimulai kembali pada tanggal 15 Syawwal 1436 H.

Komentar Anda