Haflah, Cara Santri Mensyukuri Nikmat Belajar

0
695

Tremas:  Rangkaian kegiatan Haflah Akhiriddirosah tahun pelajaran 1436 H resmi dimulai sejak beberapa hari lalu. Mulai dari Tasyakuran Penutupan kegiatan asrama, Ikhtitamunnasyathot (Penutupan kegiatan organisasi), Pentas seni GARNISI hingga wisuda bersama Santri TPQ Madin.

Haflah akhiriddirosah digelar sebagai salah satu wujud rasa syukur para santri setelah setahun lamanya dengan penuh keihklasan dan ketekunan mengikuti kegiatan Madrasah, Ma’hadiyah dan pengajian di Pondok Tremas.

Dikalangan pesantren nusantara, Haflah atau perayaan lazim dilaksanakan menjelang datangnya bulan suci ramadhan. Tiap pesantren memiliki tradisi yang berbeda beda dalam merayakan akhir sebuah tahun pelajaran. Mulai dari pengajian, pagelaran seni budaya dan kegiatan sosial.

Dibagian lain, Kesibukan menjelang Haflah Akhiriddirosah mulai dirasakan oleh para assatidz. Sebab, dalam waktu singkat mereka harus menyelesaikan pembuatan laporan hasil belajar para santri dan harus dibagikan pada senin malam besok.

Pengasuh dan keluarga juga turut merasakan kesibukan tersebut. Ratusan wali santri mulai mendatangi kediaman kyai dalam rangka meminta doa restu bagi putra putrinya yang akan segera diwisuda.

Puncak kegiatan Haflah Akhiriddirosah dan wisuda purna belajar santri akan dihadiri oleh wali santri, alumni dari berbagai daerah di nusantara. Rois Aam PBNU KH.Mustofa Bisri yang lazim disapa Gus Mus dijadwalkan akan memberikan Mauidhoh Hasanah kepada ribuan hadirin.

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh Majlis Ma’arif, Wisuda akan diikuti oleh sekitar 160 Santri kelas III MA Muadalah dan 15 Mahasantri Ma’had Aly Attarmasi.

 

 

 

Komentar Anda