Santri Tremas Nonton Bareng Film ” Sang Kiai”

0
637

Tremas : Film Sang Kiai yang menceritakan sosok KH.Hasyim As’ari dan perjuangan para santri dalam mengusir penjajah, sabtu malam ( 07/12) diputar di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan. Acara Nonton bareng Film Sang Kyai disaksikan dengan antusias oleh seluruh santri dan warga nahdliyin di sekitar pacitan.

Nobar Film sang kiai kali ini dikemas cukup meriah, karena bertepatan dengan hari libur santri setelah menjalani Ujian Cawu Pertama Madrasah Salafiyah. Diawali dengan penampilan Orkes Gambus Aiwaah dan Prolog Film yang disampaikan oleh Kyai Zuhdi dari Takeran Magetan Jawa Timur.

Kyai nyentrik yang biasa mengenakan pakaian  jawa ini menyampaikan bahwa cinta tahan air adalah sebagian dari iman, sebagai bagsa indonesia terlebih sebagi orang jawa harus bangga dengan budaya-budaya yang lahir dari bumi tercinta indonesia.

Pengasuh Pondok Tremas KH.Luqman Harist sangat mengapresiasi pemutaran Film ini, karena isi film tersebut syarat pesan karakter dan nilai-nilai perjuangan santri dan pesantren, lebih-lebih menceritakan sosok KH. Hasyim As’ari, Pendiri Organisasi terbesar se-indonesia itu.

Tradisi Nonton Film bersama, lanjut Gus Lukman sudah mengakar dalam kehidupan di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan sejak zaman dahulu, beliau bergharap agar para santri dapat mengambil hikmah yang terbaik dari pemutaran Film Sang Kiai ini.

“ Semoga kita mendapat nilai nasionalisme lewat Film ini” katanya.

Acara Nonton bareng terasa sangat heroik, karena sebelumnya para santri bersama-sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, ditambah lagi dengan materi Film yang sangat menakjubkan dan membuat ribuan pasang mata banyak yang terlihat berkaca-kaca.

Dibagian lain, bahwa Film sang kiai juga dinobatkan sebagai Film terbaik tahun 2013 pada Gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2013 baru saja selesai dilaksanakan.

Sang Kiai, meraih empat piala citra untuk filmnya, yakni dari kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Suara Terbaik, Sutradara Terbaik dan Film Bioskop Terbaik. Tentu saja untuk meraih beberapa penghargaan itu bukan hal yang mudah, sebab Sang Kiai harus menyingkirkan nominator lainnya seperti Habibie & Ainun, Belenggu dan Laura & Marsha, yang juga memiliki peluang yang besar.

IMG_0768

Komentar Anda