Mahasantri Ma’had Aly Ikuti Workshop E-Journal

0
445

Ponorogo– Ma’had Aly Attarmasi mendelegasikan dua orang mahasantrinya mengikuti workshop pengelolaan jurnal elektronik (E-Journal) yang  diadakan oleh pengelola Jurnal Al Tahrir, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Jum’at (11/12). Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan standarisasi pengelolaan e-journal agar hasil penelitian para dosen mudah diakses oleh masyarakat luas.

Workshop yang digelar di aula Pasca Sarjana IAIN Ponorogo tersebut diikuti oleh beberapa pengelola Jurnal Kampus, diantaranya pengelola Jurnal al-Adabiya UNU Ponorogo, Jurnal Annuha STAI Madiun, Jurnal Aristo UNMUH Ponorogo, Jurnal STAINU Pacitan, Jurnal STAI Ngawi dan Jurnal STAIN Kediri.

M. Harir Muzakki, Pengelola Jurnal Al Tahrir IAIN Ponorogo mengatakan, Workshop yang digelarnya untuk memberikan wawasan baru pada para dosen dan mahasiswa agar lebih meningkatkan mutu jurnal yang dikelolanya ” Penulisan karya ilmiyah harus terus berkembang, karena dapur dan wajah kita akan segera merubah,” Ujarnya.

Panitia Workshop mendatangkan dua orang narasumber, Dr. Imam Mahali, M.Ag dari Yogyakarta dan Dr. Husen Nazar dari IAIN Gorontalo. Dalam paparan kedua narasumber, wajah jurnal mulai tahun 2016 akan berubah, yang semula jurnal dalam versi cetak, kedepan jurnal akan berubah menjadi bentuk E-Journal atau Jurnal Elektronik.

Pada kesempatan itu, kedua narasumber menyampaikan tentang strategi pengelolaan jurnal, seperti peningkatan standarisasi jurnal, mutu jurnal, sistematika agar jurnal dapat terakreditasi nasional mengenal urgensi jurnal elektronik di dunia globalisasi saat ini hingga penerapan jurnal pada portal e-journal.

Ma’had Aly rutin mengirimkan mahasantrinya untuk mengikuti beberapa kegiatan Workshop agar kedepan para mahasantri mempunyai wawasan luas seputar strategi penulisan karya ilmiyah sehingga berdampak pada berkembangnya budaya tulis menulis dikalangan mahasantri.

 

Komentar Anda