Jelang Imtihan, Santri Putri “Healing” di Arena Expo Kemerdekaan

0
460
Santri Putri tampak antri memesan aneka kudapan di lokasi expo kemerdekaan

Tremas– H-1 imtihan cawu pertama Madrasah Salafiyah, Sekretariat Pondok Tremas Pacitan memberikan izin kepada para santri untuk mengunjungi expo di stadion Citra Mandiri, Arjosari, Pacitan yang digelar dalam rangka merayakan hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Jum’at pagi (18/8) dengan memakai kerudung putih sebagai simbol identitas pondok, santri putri berbaris rapi dua banjar menuju area expo dengan berjalan kaki. Wali kelas turut mendampingi santri. Tak hanya wali kelas, santri kelas tiga Aliyah juga turut membantu menertibkan santri menuju lokasi.

“Kesel, tapi menyenangkan. Itung-itung bisa buat refreshing sebelum ujian” ucap Dewi Shofiyah, salah satu santriwati kelas dua Aliyah Muadalah.

Banyak sekali hal-hal yang didapatkan santri ketika mengunjungi expo. Terdapat 22 jumlah stand perwakilan desa se kecamatan Arjosari yang memamerkan produk unggulan dan hasil kreatifitas desa.

Beberapa santri asyik melihat pameran-pameran, salah satunya stand milik Desa Gunung Sari yang memamerkan beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, ada juga stand yang memamerkan hasil bercocok tanam dan menjual beberapa bibit sayuran yang dapat ditanam secara hidroponik.

“Rahasia bercocok tanam supaya tumbuh subur ya, sebenernya cuma dikasih srintil (kotoran kambing) sama dikasih mes” tutur salah satu penjaga stand ketika ditanyai perihal rahasia bercocok tanam.

Kunjungan ini dilakukan semata-mata memberikan semangat santri menjelang ujian (refreshing). Tak hanya itu, hal demikian juga menjadi simbol kebanggaan santri menjadi rakyat Indonesia dengan turut merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis : Intan Akmala Rizqi

Redaktur : Zaenal Faizin