Bikin Haru, 10 Santri Yatim Ini Khatam Ngaji Qur’an

0
437

Tremas- Asrama Aba al-Aitam (asrama khusus bagi anak yatim) melaksanakan kegiatan tasyakuran khataman al-Qur’an. Selasa malam (22/3). Acara dihadiri para wali santri dan masyarakat sekitar asrama Aba al-Aitam. Khataman merupakan bentuk rasa syukur atas selesainya ngaji al Qur’an secara sorogan 10 santri dibawah bimbingan gurunya.

Sebagai bentuk rasa syukur pula semua santri yang khatam ini membawakan ayam ingkung untuk disajikan dan makan bersama wali santri serta tamu undangan.

Pengasuh asrama Aba al Aitam, KH Ibnu Salam mengungkapkan bila kehadiran para wali santri sangat diharapkan putra-putrinya. “Tentunya putra-putrinya akan senang dan merasa dirinya masih ada orang yang menjadi sandaran dalam hidupnya,” ungkapnya.

Tasyakuran Khataman Sorogan al-Qur’an diawali dengan pembacaan sholawat dan pada acara inti diisi pembacaan surat-surat pendek kemudian dilanjutkan dengan tampilan hafalan nadzam Aqidatul Awam, Tuhfatul Athfal dan Imrithi.

Sebagai rangkaian kegiatan akhirussanah, asrama Aba al-Aitam juga melaksanakan kegiatan lomba-lomba setelah imtihan. Pengumuman kejuaraan lombapun diumumkan melalui kegiatan Tasyakuran ini. Mulai dari lomba volley, tenis meja, catur, balap karung, estafet air, estafet karet dan lomba cerdas cermat.

Diharapkan melalui kegiatan Tasyakuran Khataman Sorogan al-Qur’an Asrama Aba al-Aitam dapat menjadi sarana silaturahmi antar wali santri dan juga kepada pengasuh asrama.

Penulis : Abdul Aziz
Redaktur : Zaenal Faizin