Wisuda Santri TPQ-Madin, Kiai Achid: Teruslah Belajar

0
249

Tremas- Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan menggelar wisuda santri, Ahad (20/03/2022). Wisuda yang dilaksanakan di halaman masjid Perguruan Islam Pondok Tremas ini diikuti puluhan wisudawan yang sudah dinyatakan lulus masa belajarnya.

Ustadz Yazid fathul Muin, Pengurus Madin Al Tarmasi menyampaikan bahwa agenda ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Ini juga menjadi sarana apresiasi kepada santri yang sudah melaksanakan pembelajaran selama satu tahun,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa keilmuan yang diterima santri TPQ dan Madin sangatlah erat dengan Pondok Tremas. Hal ini menjadi harapan besar bagi pengurus agar kembali menimba ilmu di Pondok Tremas.

“Suatu saat akan kembali kesini (Pondok Tremas), entah karena rindu atau lainya,” tandasnya.

KH Achid Turmudzi, pengasuh Pondok Tremas

Senada, KH. Achid Turmudzi menyatakan, pendidikan Al Qur’an di TPQ dan Madin sama saja dan bisa dilakukan di berbagai tempat. Yang terpenting adalah mengajari Al Qur’an kepada anaknya. “Insyaallah, hal ini dapat menghapus dosa-dosa masa lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, pendidikan Al Qur’an sangatlah penting. Oleh karenanya santri diharapkan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Semoga putera-puteri kami bisa melanjutkan belajar Al Qur’an. Syukur jika sampai Tahfidzul Qur’an,” imbuhnya.

Adapun wisuda kali ini diikuti 80 santri, yakni 49 santri TPQ, dan 31 Madin. Sedangkan wisudawan terbaik diraih oleh putri Almarhum Ustadz Mahzum, Tamma Naura asal Banyuripan, Desa Arjosari, Arjosari, Pacitan.