Nuansa Religius Masjid Kemampul yang Didirikan Kiai Fuad

0
195
Santri Pondok Tremas saat membaca maulid di Masjid Kemampul

Pacitan – Pernah melihat masjid terapung dan merasakan beribadah di dalamnya? Di Pacitan, ada satu masjid unik yang berlokasi di atas permukaan air. Masjid itu disebut “Masjid Kemampul” yang berada di kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Masjid yang digagas langsung oleh pengasuh Pondok  Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi ini memang terapung sebagaimana artian secara harfiahnya. Hal itu karena masjid ini bersistem keramba. Menggunakan banyak tong-tong besar sehingga membuat masjid mengapung.

Kiai Fuad juga mengirimkan beberapa santri Tremas untuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at di masjid apung secara bergiliran dengan didampingi oleh penasihat asrama masing-masing.

“Kami melaksanakan sholat jum’at disini (masjid apung) kerena memang ada perintah langsung dari kiai,” kata salah satu jamaah, Dimas Hary, Jumat, (14/01/2022).

Masjid Kemampul yang didirikan oleh KH Fuad Habib (istimewa)

Setiap hari Jum’at Kliwon, setelah shalat jum’at dilaksanakan pembacaan Maulid Al Barzanji dan Mahalul Qiyam. Selain itu, disini jiga tersedia nasi jum’at berkah yang bisa dinikmati seusai jama’ah shalat jum’at.

“Kebetulan hari ini bertepatan dengan jum’at kliwon. Jadi, tadi dilaksanakan pembacaan Maulid Al Barzanji yang dipimpin oleh ustadz Jahrudin,” imbuhnya.

Sejak dibangun pada tahun 2020 lalu masjid ini digunakan beraktifitas layaknya masjid lainnya. Seperti salat, pengajian, dan ceramah. Kini masjid tersebut juga dikenal sebagai tempat wisata religi. Selain pengunjung dari Pacitan, ada juga pengunjung dari Yogyakarta, Pekalongan, Sumatera, Surabaya, Jakarta, dan lain-lain.

Penulis : Anwar Sanusi

Redaktur : Zaenal Faizin