Imtihan Munaqosyah Pacu Semangat Santri Kuasai Literatur Kitab Kuning

0
222

Tremas – Madrasah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan mulai Jum’at malam (28/2) menyelenggarakan Imtihan (ujian) Munaqasyah bagi santri kelas akhir, yang meliputi santri kelas Mumtaz Tsani, Kelas III MTs dan kelas III Aliyah Mu’adalah putra dan putri. Imtihan Munaqosyah akan berlangsung hingga 3 Maret 2020.

Materi yang diujiakan adalah kitab Fathul Qorib Al Mujib atau taqrib, yang meliputi pembacaan kitab, pemahaman kitab, penguasaan ilmu alat ( Nahwu, Shorof, Balaghoh), Murod ( penjabaran) serta hafalan beberapa surat dari Al Qur’an.

Para santri peserta ujian munaqosyah sebelumnya telah ditempa dengan serangkaian bimbingan dari guru fak selama beberapa pekan. Dalam prakteknya, para santri memasuki ruang imtihan dan diuji oleh empat orang penguji yang sebagian besar adalah ustadz senior Pondok Tremas Pacitan.

Imtihan Munaqosyah ini merupakan momen yang mendebarkan bagi para santri. Mereka harus betul-betul menguasai materi imtihan sehingga dapat menjawab semua pertanyaan dengan lancar, lugas dan tanpa keraguan. Percaya diri merupakan salah satu kunci meraih kesuksesan imtihan ini.

Madrasah Salafiyah memberikan predikat kelulusan bagi santri terdiri dari predikat Mumtaz ( lulus dengan hasil istimewa), Maqbul ( lulus ) dan Mardud ( tidak lulus).

Imtihan munaqosyah yang dilaksanakan sejak tahun 2006 silam itu, diharap mampu meningkatkan kualitas santri dalam membaca kitab dan menguasai literatur kitab kuning. Imtihan ini juga sebagai syarat wajib untuk dapat mengikuti Imtihan Cawu III yang akan digelar dalam waktu dekat.

Komentar Anda