Berharap Dapat Naik Haji, Santri Tremas Doakan Calon Jamaah Haji

0
525

Tremas : Santri Pondok Tremas Pacitan dan masyarakat menghadiri acara doa bersama dan pelepasan calon jamaah haji kabupaten pacitan tahun 1436 H. Jum’at( 21/8) Sore.

Acara yang digelar di halaman masjid Pondok Tremas ini berlangsung dengan suasana khidmat. Tradisi doa bersama dan pelepasan calon jamaah haji ini biasa digelar oleh Pondok Tremas tiap tahunya dalam rangka memberikan penghormatan kepada para tamu Allah.

KH Fuad Habib Pengasuh Pondok Tremas dalam sambutanya meminta kepada calon jamaah haji untuk turut mendoakan seluruh santri tremas agar selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam belajar.” Sampaikan salam kami kepada kanjeng rosululloh SAW” Mohon beliau.

Menurut Kyai Fuad, ibadah haji adalah perjalanan fiisabilillah. tidak ada seorangpun yang tidak mempunyai cita-cita Ingin menunaikan ibadah haji, Semuanya ingin dapat melaksanakanya. Karena munaikan haji merupakan nikmat yang sangat besar yang diberikan oleh Allah SWT.

” Ingkang sampun ( Haji) mawon taksih pingin mindo. Nopo malih ingkang dereng” ( Yang sudah haji saja ingin mengulangi kembali, apalagi yang belum berhaji )  demikian tutur beliau.

Sementara itu, KH Achid Turmudzi mewakili rombongan calon jamaah haji kabupaten pacitan juga meminta kepada para santri untuk turut mendoakan jamaah agar dalam menunaikan rukun islam yang kelima ini selalu diberikan kemudahan, kesehatan dan keselamatan sampai kembali ke tanah air.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh KH Luqman Harits, KH Hammad Al Alim dan perwakilan santri kelas III Aliyah. Kemudian diakhiri dengan mushofafah oleh para santri dengan jamaah calon haji.

Pada keberangkatan Haji tahun ini, Beberapa pengasuh juga turut menunaikan ibadah haji seperti KH Achid Turmudzi beserta isteri, KH Asif Hasyim beserta istri dan Gus Amjad Habib beserta isteri.

Komentar Anda