Pengasuh Hadiri Puncak Peringatan Harlah GP Ansor Arjosari

0
608

Arjosari :  Puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) ke- 81 Ansor dan menyongsong Muktamar NU ke -33, PAC Arjosari Pacitan ditutup dengan rangkaian Doa bersama Refleksi Harlah GP Ansor dan peringatan Haul salah satu tokoh Ansor Pacitan Gus Abbas Basuki.

Masyarakat dan ratusan santri menyatu dengan khidmat pada acara yang digelar di Halaman Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari Pacitan Jawa Timur. Sabtu(16/05) malam.

Tampak hadir diantara tamu undangan Pengasuh Pondok Tremas yang juga Wakil Ketua PWNU Jawa Timur KH.Luqman Harits, KH.Burhanuddin HB, KH. Saifuddin, Ust.Hamka Hakim, Ust.Hammam Fathulloh dan beberapa pengurus MWC NU lainya.

Jamaah yang hadir dengan khidmat mengikuti alunan sholawat simtuddurar yang dibawakan oleh para santri Jamaah Pengajian Sanggar jubah.

Acara Doa bersama diisi dengan pembacaan biografi salah satu tokoh GP Ansor Pacitan Gus Abbas Basuki.  Menurut Zafri Wicaksana, salah satu sahabatnya mengatakan bahwa, Gus Abbas merupakan seorang pemimpin yang mempunyai sikap yang tegas, totalitas dalam bekerja.

“Jika Ansor mengadakan sebuah acara, ia tidak mau setengah-setengah, minimal harus skala provinsi dan nasional. Bahkan Gus ipul (Ketua GP Ansor saat itu) tidak pernah bisa menolak datang jika yang me-lobi gus abbas”kenangnya mengingat masa masa berjuang di organisasi Ansor Pacitan.

Gus Abbas merupakan seorang organisatoris, ilmu organisasinya terasah saat ia nyantri selama lebih 9 tahun di Pesantren Krapyak Yogyakarta dibawah Asuhan KH.Atabik Ali.

Dari KH.Atabik Ali lah, Gus Abbas banyak belajar berorganisasi. Jadi tidak mengherankan setelah pulang dari Pondok  Krapyak, ia kemudian mengamalkan ilmunya dengan   terjun ke organisasi GP Ansor. Berkat ilmu organisasi yang diajarkan Kiai Atabik, kepiawaian dan keuletannya dalam berorganisasi itulah yang kemudian menghantarkanya menjadi Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Pacitan

Acara diakhiri dengan pembacaan Doa secara bergantian oleh KH.Luqman Harits, KH.Saifuddin dan KH. Burhanuddin HB.

Beberapa hari sebelumnya (14/5) dalam rangka turut memeriahkan harlah ini juga dilakukan beberapa kegiatan Pameran Batu mulia, Donor darah, Gerak jalan pemuda dan pentas seni.

Komentar Anda