Diklat Penggalang Rakit Cetak Jiwa Kepemimpinan Santri

0
13

Tremas- Sebanyak 79 santri putri anggota Penggalang Rakit yang berasal dari kelas 1 MTs Pondok Tremas mengikuti Diklat yang dilaksanakan sejak Jumat sore (16/07)di halaman belakang asrama putri.

Diklat penggalang merupakan kegiatan lapangan untuk melatih mental dan membekali kemampuan untuk menjadi anggota pramuka yang cakap dan tangguh.

Pembina pramuka Fata Al Muntadlor Putri, Sri Maharani mengatakan, diklat ini bertujuan untuk mendidik karakter anggota sehingga mampu bersikap bagaimana cara menghargai dan pentingnya rasa solidaritas sesama anggota.

“Harapan dengan diadakannya Diklat ini supaya adek-adek mengerti bahwasanya Pramuka itu tidak hanya senang-senang saja, tapi ada bekal penting, mendidik karakter dan mengeri bagaimana caranya bersikap kepada sesama,” katanya.

Kegiatan kepramukaan santri menjadi salah satu bukti keberadaan Pondok Tremas Pacitan sebagai lembaga pendidikan yang bukan hanya memprioritaskan kegiatan belajar dan pengajian semata, melainkan sebagai tempat pembentukan mental dan karakter santri.

“Pramuka santri itu selain pandai bersosialisasi juga harus bisa menerapkan tri simbol fata terutama pada Akhlakul Karimah,” ungkapnya.

Diharapkan santri akan mampu mengembangkan bakatnya dalam berbagai keterampilan dan membentuk jiwa kepemimpinan santri.

Beberapa materi penting disampaikan pada diklat kali ini, diantaranya peraturan baris-berbaris, sejarah semapore, gaturlantas, Pancasila, UUD 45, tri satya, dasa dharma dan hafalan-hafalan.

Penulis: Intan Akmala Rizqi – Aisya Rahmadini

Redaktur: Zaenal Faizin