Santri Tremas Diminta Waspadai Abu Vulkanik G.Kelud

0
715

Tremas : Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan yang berada di Kabupaten Pacitan, ikut tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud yang berada di Kediri, Jawa Timur.

“Seluruh wilayah eks-Keresidenan Madiun terdampak abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud, bahkan Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan bahwa status Jawa Timur darurat Gunung Kelud,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun, Agus Subianto, Jumat, demikian seperti di lansir dari Situs Antara.

Menurut dia, hujan abu vulkanik mulai terjadi pada Jumat dini hari setelah Gunung Kelud meletus. Hingga pagi sekitar pukul 09.00 WIB, hujan abu vulkanik masih terjadi di Wilayah Madiun dan sekitarnya yang meliputi Kabupaten Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan.

Dampak dari letusan gunung Kelud di Kediri sangat dirasakan, para santri tidak terlihat berlalu lalang di halaman pondok, mereka meilih berada di dalam asrama atau kamar karena debu yang turun sangat mengganggu pernafasan.

Pengurus Pondok pada pagi pukul 06.00 tadi telah memberikan himbauan kepada para santri agar memakai masker atau penutup bila hendak beraktifitas diluar. Hari jum’at yang biasanya ramai terihat para santri berolahraga kini terlihat sepi.

Komentar Anda