Santri RMQ, Barisan Terdepan Perawat Tradisi Semaan Al Qur’an

0
107
Suasana semaan Al Qur'an

Tremas-Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan mengadakan semaan Al-Qur’an dalam rangka Haul ke-23 Almaghfurlah KH. Habib Dimyathi. Semaan ini berlangsung mulai Rabu malam sampai Kamis sore, 3-4 November 2021.

Semaan Al-Qur’an ini berlangsung di serambi Masjid Pondok Tremas. Semaan Al-Qur’an 30 Juz ini dimulai setelah jamaah sholat isya’ dan diikuti oleh seluruh santri. Pembukaan semaan dipimpin langsung oleh penasehat asrama Roudlotul Mujawidil Qur’an (RMQ), Wan Hizbullah Huda Ba’abud. Kemudian dilanjutkan oleh santri asrama RMQ sampai kamis sore.

Sementara pihak keluarga, KH. Achid Turmudzi memberikan sambutan sebelum kegiatan semaan dimulai. Ia menyampaikan terima kasih dan berdoa agar para santri mendapatkan berkah.

“Terima kasih, dan semoga kita semua mendapatkan berkahnya Allahyarham Mbah Habib dan Nyai Qibtiyah,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu santri asrama RMQ, Zainuddin Malakian, menyatakan hampir semua santri asrama RMQ mengikuti semaan ini. Jumlah anak RMQ sekitar 70 santri dan dilakukan penjadwalan untuk semaan.

“Semua santri RMQ ikut semaan ini, namun dilakukan penjadwalan. Jumlah anak RMQ sekitar 70 santri,” katanya.

Dia mengaku mengikuti semaan Al-Qur’an di Pondok Tremas sejak tahun 2006. Pada tahun itu, dia fokus menyemak saja karena belum masuk asrama khusus tahfidz yakni RMQ. Namun, beberapa tahun kemudian setelah berada di asrama tahfidz, ia mendapatkan jadwal untuk membaca.

“Saya berada di pondok sudah 15 tahun, dan saat itu saya sudah mengikuti semaan,” ujar Zainuddin.

Baginya, bisa ikut semaan ini sangat senang dan mampu memberinya motivasi tersendiri. Dia berharap mendapatkan keberkahan dengan lantaran memperingati Haul Almaghfurlah KH. Habib Dimyathi ini.

Semaan ini dilaksanakan secara terjadwal, dengan satu orang dari asrama RMQ membaca Al-Qur’an dengan bil ghoib (hafalan) kemudian para santri menyimak. Bagi santri yang menyimak tersebut pun dijadwal sesuai giliran asrama masing-masing.

Seperti diketahui, asrama RMQ merupakan asrama yang dikhusukan bagi para santri yang sedang mengaji dan menghafalkan al-qur’an. Asrama ini adalah rintisan dan peninggalan dari Almaghfurlah Gus Jawwad Habib Al Hafidz.

Sanad pengajaran al-qur’an Gus Jawwad diperoleh dari Almaghfurlah KH Harir bin KH Raden Muhammad bin Syekh Mahfudz Attarmasi.

Sementara estafet pengajaran al Qur’an di Pondok Tremas kini dilanjutkan oleh Wan Hizbullah Huda Ba’bud.

Penulis: Anwar Sanusi

Redaktur: Zaenal Faizin

Komentar Anda