Menengok Lomba Praktek Ibadah, dari Nikah hingga Mengurus Jenazah

0
164

Tremas- Perguruan Islam Pondok Tremas, Pacitan menggelar lomba praktek ibadah dalam rangka memeriahkan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Almaghfurlah KH. Habib Dimyathi. Kegiatan digelar di halaman depan masjid Pondok Tremas pada Senin (1/11/2021).

Ketua Pelaksana Putra, Ustadz Hadi Supriyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri dengan jumlah sekitar 3.800 santri.

“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri dengan jumlah peserta sekitar 3.800 santriwan dan santriwati,” Ucapnya.

Kegiatan dimulai senin pagi pukul 8 waktu setempat dan dibuka oleh Ustadz Riyanto. Dalam sambutannya ia mengatakan “Kegiatan ini adalah kegiatan dari zaman dahulu. Dan yang paling penting, ibadah itu mudah akan tetapi jangan dianggap sepele,” kata Ustadz Riyanto.

Lomba praktek ibadah dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari tingkat Tsanawiyah hingga tingkat Aliyah. Namun, kegiatan tetap dilakukan secara bersamaan. Setiap peserta akan mendapatkan undian soal untuk dipraktekkan secara berjamaah. Kemudian, dibagi beberapa sesi, diantaranya sesi praktek taharah (bersuci), sesi tajzizul mayyit, praktek nikah, dan lain-lain.

Sedangkan ketua putri, Ustadzah Kunti Istiqomah menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini supaya para santri lebih memahami tentang bagaimana cara melaksanakan ibadah yang baik dan benar.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, maka akan meningkatkan kesadaran anak terkait dengan pentingnya mempelajari tata cara ibadah. Tidak hanya praktek saja, namun mereka harus memahami materi yang ada,” tandasnya

Pemenang kegiatan lomba oraktek ibadah ini akan diumumkan pada malam puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada, Selasa malam (2/11/2021). Kejuaraan akan diumumkan bersamaan dengan kegiatan lomba-lomba yang lain.

Penulis: Anwar Sanusi

Redaktur: Zaenal Faizin

Komentar Anda