Santri Pondok Tremas Asal Pacitan Gelar Bakti Santri

0
789

Arjosari – Ratusan santri Pondok Tremas asal Kabupaten Pacitan yang bernaung pada organisasi IPPAPONMAS (Ikatan Pelajar Pacitan Pondok Tremas), Selasa pagi (19/1) memulai kegiatan Bakti Santri IPPAPONMAS.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Kamis (21/1) ini digelar di Dusun Kuncen Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Bakti Santri dilakukan sebagai wujud mengenalkan dan mendekatkan dunia pesantren pada masyarakat.

Pembimbing kegiatan Ust Agus Tri Atmojo mengatakan, Bakti Santri dilakukan sebagai bentuk mengamalkan ajaran dan nilai-nilai pesantren yang dekat dengan kehidupan masyarakat ” Karena Pesantren merupakan miniatur masyarakat” jelasnya di sela pemberangkatan santri, Selasa Pagi (19/21).

Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, beberapa agenda digelar pada kegiatan ini, diantaranya Dakwah bil Hal, Semaan Al Qur’an, kerja bakti membersihkan lingkungan, pentas seni dan malam keakraban dengan masyarakat serta pengajian umum.

Selama mengikuti kegiatan, para santri akan berbaur dan belajar bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Mereka akan mengenalkan nilai-nilai kepesantrenan, seperti kesederhanaan, kemandirian, tolong menolong dan memberi pemahaman cara beragama yang baik sesuai dengan ajaran Ahlusunnah Wal Jamaah.

IPPAPONMAS merupakan salah satu Organisasi Daerah (Orda) yang ada di Pondok Tremas. Organisasi ini dibentuk pertama kali oleh Alm KH Harits Dimyathi, organisasi ini menaungi para santri Pondok Tremas yang berasal dari seluruh Kabupaten Pacitan.

Komentar Anda