Santri Kelas III Aliyah Ikuti Bimbingan Dakwah Bilhal

0
262

Pada bulan suci Ramadhan tahun ini, Pondok Tremas Pacitan akan kembali menerjunkan para santri untuk berdakwah di tempat-tempat terpencil yang masih minus pengetahuan agamanya. Mereka akan menjadi Kiai selama satu bulan dengan melaksanakan tugas wajib program Dakwah Bilhal, dengan satu santri menempati satu masjid atau mushalla.

Untuk mempersiapkan program tersebut, Panitia Da’wah Bilhal melaksanakan bimbingan pertama kepada santri kelas III Madrasah Aliyah Salafiyah Mu’adalah. Rais Syu’un Ma’hadiyah Pondok Tremas, KH Achid Turmudzi hadir memberikan materi kepada para santri.

Beberapa materi tentang etika bermasyarakat disampaikan oleh Kiai Achidz, diantaranya adalah pentingnya para santri saat diterjunkan di lokasi agar dapat menebar kesejukan di tengah masyarakat yang bermacam-macam. Salah satu caranya,  manapun mereka berada harus mengedepankan akhlakul karimah, murah senyum, sapa, dan tak kalah penting kedisiplinan dan rasa tanggung jawab.

Pada kesempatan ini para santri sangat antusias mendengarkan dan menulis pesan-pesan beliau. Mereka juga bertanya tentang bagaimana tantangan yang akan mereka hadapi di lapangan.

Program dakwah bilhal akan dimulai pada tanggal 28 Sya’ban hingga tanggal 2 Syawwal 1441 H. Selama di tempat dakwah, para santri akan menjalankan tugas antara lain menjadi imam shalat lima waktu, tarawih, memberikan ceramah dan pengajian, mengajar TPQ, mengurus pelaksanaan zakat fitrah, menjadi khatib Idul Fitri dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Komentar Anda