Perkemahan Pramuka, Santri Tremas Diingatkan Hal Ini

0
158

Ngadirojo –Pramuka Santri Al Tarmasi Gudep 06.113-06.114 pangkalan MTs Pondok Tremas Pacitan sukses menggelar kegiatan Perkemahan sebagai wujud memperkenalkan pesantren kepada masyarakat luas.

Perkemahan digelar pada 20-22 September 2022 kemarin di Lapangan Desa Wonodadi Kulon Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. tak kurang dari 800 santri putra terlibat aktif dalam perkemahan ini. Tidak Berbeda dengan perkemahan sebelumnya, para santri ditempa kecakapan kepramukaan dari pagi hingga malam hari.

Agenda pada hari pertama diawali dengan upacara pembukaan. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji secara resmi membuka perkemahan itu.

Berbagai agenda digelar diantaranya malam keakraban dengan masyarakat desa setempat yang diisi dengan istighosah yang dipimpin oleh salah satu pengasuh Pondok Tremas Kiai Waki’ Hasyim.

Selanjutnya, pada hari kedua digelar pentas seni mengiringi penyalaan api unggun. Kegiatan ini penyalaan api unggun dan ulang janji berlangsung hidmat dan diikuti seluruh peserta perkemahan.

Pada kesempatan itu Kak Agus Salim selaku Pembina Upacara mengatakan, Upacara api unggun merupakan prosesi yang harus dilaksanakan di bumi perkemahan.

“Ingat bahwasanya api yang akan kita nyalakan nanti sekedar penggembira untuk adanya malam api unggun ini, dan bukan api untuk pemujaan, ataupun yang lain-lainnya.” ungkapnya.

Diharapkan dengan keikutsertaan para santri dalam kegiatan perkemahan ini akan tumbuh jiwa sosial dan keberanian sesuai dengan moto Pramuka Pondok Tremas, Assaja’ah ( Pemberani), Attawadhu’ ( Rendah Diri) dan Ahlakul Karimah ( Berbudi Pekerti).

Penulis : Dhimas Hary

Redaktur: Zaenal Faizin