Kiai Said Aqil dan Gus Miftah Maulidan di Tremas

0
438

Tremas- Keluarga Besar Pondok Tremas akan menggelar kegiatan Dziba’ Akbar memperingati maulid Nabi Muhammad SAW pada Jum’at malam (07/10/2022).

Dziba Akbar kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan alumni pondok Tremas.

Panitia kegiatan telah mempersiapkan lokasi acara yang perkirakan akan dihadiri ribuan jama’ah itu. Halaman masjid perguruan Islam Pondok Tremas dan di sepanjang jalan desa Tremas menjadi tempat kegiatan utama.

Dari informasi yang didapatkan, acara dimulai lebih awal, yakni setelah shalat Maghrib dengan penampilan jamiyyah sholawat Hubbun Nabi Attarmasi, pembacaan ayat suci al Quran dan pembacaan Maulid Al Barzanji hingga khatam.

Setelah itu diisi dengan sambutan oleh K.H Fuad Habib Dimyathi dan KRT. K.H Luqman Haris Dimyathi, dilanjutkan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh K.H Miftah Maulana Habiburrahman  atau Gus Miftah.

Pondok Tremas juga mengundang Ketua Umum PBNU periode 2015-2021 K.H Said Aqil Siradj M.A yang akan menyampaikan pesan-pesan maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebagai pelengkap acara akan dilanjutkan dengan pembacaan sholawat jowo bersama beberapa jamiyyah sholawat jowo dari kecamatan Arjosari.

Yang menarik dari kegiatan ini adanya tradisi berupa Asma Arto. Asma arto adalah menyisipkan doa-doa di dalam uang dan disimpan agar mendatangkan berkah dari Nabi Muhammad SAW.

Penulis : Azza Adilla

Redaktur : Zaenal Faizin