Peringatan Haul Alm.KH. Dimyathi Berlangsung Khidmat

0
596

Tremas : Keluarga Besar Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan   melangsungkan  acara Dzikro Haul Al Magfurlah K.H. Dimyathi Abdulloh yang ke-79 dan Al Magfurlah KH. Harist Dimyathi yang ke- 19  pada Kamis malam (21/11) bertempat di kompleks Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.
Acara dihadiri oleh para pengasuh, masyarakat,  alumni serta seluruh santri, acara dimulai dengan sambutan dari keluarga pengasuh yang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para hadirin khususnya para alumni dari berbagai daerah yang datang dari berbagai daerah.
Selanjutnya, dzikro  haul diisi dengan pembacaan kalimah toyyibah tahlil yang dimpimpin oleh KH.Rotal Amin, salah satu assatidz sepuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan . Selama acara berlangsung, para hadirin yang hadir terlihat begitu khidmat.
Sebelumnya, Dzikro Haul diawali dengan semaan Al Qur’an dan Ziarah ke Makam Masyayikh di Maqbaroh Gunung Lembu.
Al Magfurlah KH.Dimyatahi Abdulloh adalah pengasuh Pondok Tremas Periode Ke-3, beliau adalah adik dari Asyeikh Mahfud Attarmasi yang mashur itu. Mbah Guru, demikian KH.Dimyathi dipanggil  oleh para santrinya, adalah seorang kyai yang alim dan mempunyai sifat tawadhu’ yang sangat tinggi. Selama mengasuh pondok tremas banyak santri yang datang dari seluruh daerah indonesia bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan singapura.
Banyak murid-murid KH.Dimyathi yang kelak menjadi ulama’ dan tokoh –tokoh yang sangat dihormati, antara lain KH. Ali Maksum Krapyak, KH.Hamid Pasuruan yang terkenal wali itu, KH.Muntaha Kalibeber, KH.Muslih Mranggen Demak, Jendral sarbini dan tokoh-tokoh yang lainya.
Acara haul yang rutin diadakan setiap tahun ini tidak lain merupakan upaya untuk mengenang kiprah dan perjuangan serta meneladani  KH.Dimyahti Abdulloh dan KH. Harist Dimyathi dalam mendidik para santri.

Komentar Anda