Kemeriahan Idul Adha Di Pondok Tremas Terus Berlanjut

0
807

Tremas : Kemeriahan Hari raya idul adha 1435 H di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan terus berlanjut. Setelah gelaran pawai lomba takbir keliling yang diikuti oleh ribuan masaa, sehabis menunaikan Ibadah sholat idul adha, di halaman masjid para santri Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan menerbangkan balon udara.

Balon udara yang diterbangkan ini mempunyai ukuran yang cukup besar, panitia butuh waktu hampir satu jam untuk mengisi balon udara dengan menggunakan asap dari ban bekas yang dibakar. 3 balon udara berhasil terbang dan 2 lainya gagal diterbangkan karena tiupan angin yang tidak bersahabat.

Saat balon itu berhasil diterbangkan, para santri bersorak gembira melihat balon yang ditunggu-tunggu itu terbang. Ratusan masyarakat sekitar Desa Tremas tidak ketinggalan ikut menyaksikan jalanya penerbangan balon udara. Diantara mereka banyak yang mengabadikan terbangnya balon dengan menggunakan kamera ponselnya.

Bersamaan dengan itu, di halaman madrasah super juga dilakukan penyembelihan hewan qurban, Pondok Temas menyemblih belasan hewan qurban yang terdiri dari sapi dan kambing. Santri kelas III menjadi panitia pembersihan dan pembagian daging kurban sebelum dibagikan dan nanti malam akan dilakukan acara Ngendil Berjamaah atau masak bersama.

Selain dua kegiatan tadi, siswa kelas TK Attarmasi dan para santri Kelas II Madrasah Aliyah Mu’adalah juga menggelar kegiatan Simulasi manasik haji dibawah bimbingan Ust.H. Multazam Surur. Miniatur kota makkah lengkap dengan ka’bahnyaa dibuat di halaman masjid Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Sebelumnya, pagi tadi ( 05/10) para santri dan seluruh masyarakat desa tremas dengan khusyu’ dan khidmat mengikuti ibadah Sholat Idul Adha. KH. Rotal Amin bertindak sebagai imam dan KH. Abdillah Nawawi bertindak sebagai khotibnya.

Pada lomba takbir keliling malam tadi, Kategori lomba antar asrama putra dimenangkan oleh Asrama Al Lubab dan Asrama H,G,K meraih juara kedua. Sedangkan club H meraih juara dua dan club D meraih juara pertama untuk santri putri.

Kejuaraan antar musholla desa tremas, juara ketiga diraih oleh musholla dusun Tanjung, juara ke dua diraih oleh musholla dusun Karangasem dan juara pertama diraih oleh Musholla dusun Lenjoh.

Esok Hari, Jajaran Majlis Ma’arif dan seluruh pengasuh akan mengadakan acara Nyate Bareng dan Dliyafah  ( Jamuan Makan) Idul Adha yang akan dilakukan di Halaman Depan Ndalem pengasuh.

 

 

 

Komentar Anda