Dzibaiyyah Akbar Berlangsung Khidmat

0
533

Tremas : Pada hari senin tanggal 12 Robiul Awwal tahun gajah, Allah SWT memilih hari yang mulia itu untuk melahirkan seorang bayi laki-laki dari seorang ibu yang mulia siti aminah yang kelak menjadi kekasihNYA. Nabi Muhammad SAW.

Sebagai wujud rasa cinta Kepada Nabi Muhammad SAW, Setiap hari kelahiranya itu seluruh umat islam dipenjuru dunia memperingatinya dengan membaca maulid dan membaca Sholawat Kepada  Nabi Muhammad SAW. Tak terkecuali di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Tepat pada malam 12 Robiul awwal, ditengah-tengah hujan gerimis yang mengguyur.  Para Kyai, para Gus dan seluruh santri Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan  menggelar acara Maulidurrosul “ Dzibaiyyah Akbar” yang digelar di Halaman Masjid Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan .

Lantunan sholawat dan puji-pujian kepada nabi yang dibaca dari kitab Majmuk Maulid Al Barzanji Nastar tak henti-hentinya dibaca sebagai rasa syukur dan cinta kepada banginda nabi muhammad SAW, mahluk yang paling mulia kekasih Allah SWT.dengan satu harapan agar kelak menjadi umat yang mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

KH.Luqman Harist, Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dalam sambutanya berkenan membaca qiro’ tarhim yang berisi tentang pujian dan sanjungan kepada mahluk yang paling mulia akhlaqnya itu.

“Yaa Karimaal Akhlaq….Ya Rosulallah……”

Nabi Muhammad SAW, ungkap Gus Luqman adalah satu-satunya mahluk di alam semesta yang paling dekat dengan Allah SWT, sehingga dalam sebuah keterangan kitab maulid bahwa antara nabi dengan Allah SWT dekatnya diumpamakan dengan dua panah yang yang saling berdekatan.

Pembacaan Maulid Al Barzanji Natsar dipimpin Oleh Pimpinan Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan  KH.Fu’ad Habib Dimyathi dan diiringi lantunan sholawat dari Grup Hubbunnabi Attarmasi.

Para santri serta hadirin tidak terbendung rasa harunya ketika membaca sholawat dan puji-pujian kepada nabi yang sangat dicintainya.

“Isyfa’ lanaa ya rasulllah…..” berharap syafaat, berharap pertolongan dari banginda Nabi Muhammad SAW.

malam Dzibaiyyah akbar ini merupakan khataman kegiatan dzibaiyyahan yang telah berlangsung sejak tanggal 1 Robiul Awwal yang dilakukan secara bergilir antar asrama.

 

Komentar Anda