Pernah Disetop Pandemi, Pameran Karya Santri Kembali Digelar

0
139

Tremas- Dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan haul Almaghfurlah KH Habib Dinyathi, santri Pondok Tremas Pacitan menggelar Pameran Hasta Karya santri.

Pameran dibuka mulai Jum’at, 29 Oktober hingga Selasa, 2 November 2021. Para peserta saling memamerkan karya seni terbaiknya.

Pameran diikuti oleh 21 peserta. Terdiri dari perwakilan 13 asrama putra, 6 asrama putri, Fata Al Muntadlor, dan santriwati Madrasah Tsanawiyah.

Karya yang ditampilkan pun beragam. Ada miniatur, kaligrafi, aksesoris, dan berbagai karya lainnya. Selanjutnya beberapa pameran ini akan dinilai oleh dewan juri lalu kejuaraan diumumkan saat malam pengajian Dzikro Maulid Nabi pada Selasa Malam (2/11).

Menurut ketua panitia, Syifalliyana, dengan adanya kegiatan ini, kreatifitas para santri akan semakin terlihat dan beberapa bakat terpendam akan muncul kembali.

“Banyaknya santri yang memiliki kreatifitas dan bakat terpendam menjadi salah satu faktor pendorong diadakannya acara expo hasta karya santri ini,” ungkap syifa.

Tidak hanya dipamerkan, para pengunjung juga dipersilakan untuk membeli karya seni yang diminati. Selain itu juga disediakan beberapa kapling untuk bazar santri. Diantara bazar yang ditawarkan antara lain buku, busana, kaos, dan lain sebagainya.

Pameran ini dibuka langsung oleh Roisyusyu’un annasyathot Pondok Tremas, Ustadz Moh. Agus Salim, wali kelas 2 Aliyah putra, dan wali kelas 1 aliyah putri.

Kegiatan dilaksanakan bergiliran antara santriwan dan santriwati. Untuk santriwati mendapatkan bagian jadwal kunjung dari pagi sampai sore, kemudian dilanjutkan jadwal kunjung putra pada malam hari.

Ia berharap adanya kegiatan ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para santri dan memberikan motivasi bagi santri untuk semakin semangat dalam berkarya.

“Harapan kami, semoga para santri terhibur dengan adanya wadah untuk menampilkan hasil karya mereka. Selain itu, kegiatan inj juga sebagai motivasi untuk mereka lebih semangat dalam membuat kreatifitas yang lebih lagi, sambungnya.

Terpisah, salah satu pengunjung dari ustadzah yang bernama Zainul Milla mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini Expo ini. “keren sekali, terdapat banyak karya santri yang di pamerkan. Saya senang sekali dengan adanya event ini. Karena dapat menjadi wadah untuk menampung bakat para santri yang cukup beragam. Kedepannya, semoga bisa menjadi lebih baik dan membawa manfaat ke khayalak yang lebih luas,” Ustadzah Milla.

Penulis: Anwar Sanusi

Komentar Anda