Peletakan Batu Pertama Gedung Madrasah, Kiai Fuad Ceritakan Sejarah

0
250
Para Masyayikh dan Jajaran Pemerintah Daerah saat peletakan batu pertama

Tremas– Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan sedang melaksanakan proses pembangunan gedung madrasah. Peletakan batu pertama dilakukan oleh para Masyayikh, jajaran pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat Kabupaten Pacitan, Ahad (23/01/2022).

Rencananya, gedung yang akan berdiri ini terletak di sebelah utara pondok dan dekat dengan sungai Grindulu. Terdiri dari dari gedung madrasah dan sarana penunjang lainya.

Pengasuh Pondok Tremas Pacitan KH Fuad Habib Dimyathi menyampaikan bahwa kedatangan beberapa jajaran pemerintah dan tokoh masyarakat menjadikan motivasi yang luar biasa.

“Kedatangan antum semua menjadikan siraman bagi kami. Mudah-mudahan persaudaraan seperti ini selalu tersambung antara keluarga Pondok Tremas dan antum semua,” tutur Kiai Fuad.

Dikemukakan, bahwa Pondok Tremas berawal dari sejarah tokoh yang bernama Simbah Kethok Jenggot yang telah membabat Desa Tremas dilanjutkan adanya sosok sepuh Dipomenggolo. Mbah Dipomenggolo sendiri adalah sosok seperjuangan dengan pangeran Diponegoro yang menjadi pahlawan Nasional berkat mempertahankan bangsa Indonesia dari penjajah.

“Salah satu sahabat pangeran Diponegoro adalah Syeh Dipomenggolo Tremas yang konon ia adalah adik periode dari pangeran Diponegoro semasa mondok di Tegalsari,” Imbuhnya.

Sebutan Pondok Tremas berasal dari nama Desa Tremas. Hal ini berdasarkan persatuan yang kuat antara keluarga Pondok dan masyarakat Desa Tremas. Oleh karenanya, walaupun telah banyak dibangun gedung yang berbagai macam nama akan tetapi tidak akan merubah nama Pondok Tremas itu sendiri.

“Pondok ini kenapa bernama Pondok Tremas? karena telah bersatunya antara masyarakat dan pondok. Yang akhirnya dinamakan Perguruan Islam Pondok Tremas. Sehingga i’tikad kami, kami tidak akan merubah nama ini,” tandasnya.

Dalam rangkaian kegiatan peletakan batu pertama rencana pembangunan gedung madrasah itu. Ia menegaskan para hadirin untuk selalu bersyukur dan bermunajat kepada Allah SWT. Harapan dibangun gedung baru ini agar memberikan kelancaran proses pembelajaran di Pondok Tremas.

“Berbagai pembangunan ini untuk lebih lancar dan lebih suksesnya tarbiyah wa ta’lim di Pondok Tremas sekaligus mensukseskan program negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” tungkasnya.

Penulis : Anwar Sanusi

Editor : Zaenal Faizin