Meneladani Kiprah Simbah Kiai Mahrus Hasyim Melalui Haul

0
239
Peringatan Haul di Makam Almaghfurlah KH Mahrus Hasyim atau Simbah Mahrus

Tremas-Haul ke-16 dari wafatnya almaghfurlah KH Mahrus Hasyim atau Simbah Mahrus diperingati secara hidmat oleh santri Pondok Tremas. Para santri mengikuti rangkaian acara haul dengan berziarah ke makam beliau di Gunung Lembu, Desa Tremas, Senin sore (24/01/2022).

Acara diawali sejak Ahad dengan sima’an Al-Qur’an, kemudian dilanjut dengan Khataman dan Ziarah dan diakhiri dengan tahlil bersama masyarakat sekitar.

Peringatan haul yang dihadiri keluarga, santri, alumni, dan masyarakat dilakukan sebagai usaha batin untuk mengharap berkah dari para kiai maupun guru.

“Bagi kami para santri, tentunya kegiatan ini kita jadikan untuk ngalap berkah. Pihak keluarga juga menyampaikan biografi dari simbah Mahrus, sehingga menjadikan pelajaran lebih bagi kita untuk meneladani sosok beliau,” ungkap salah satu santri asrama Al-Huda, Muhammad Taufiq Ihsan.

Para santri tampak khusyu’ berdoa

Salah alumni putri, Kunti Kamalia menambahkan, selain doa bersama mengharap berkah sang kiai, peringatan Haul Simbah Mahrus Hasyim juga menjadi sarana temu kangen para alumni.

”Selain nderek ngalap berkah dan hurmat haul. Kegiatan ini juga dijadikan sarana temu kangen antara teman alumni agar selalu menJalin silatirrahmi,” kata kunti.

Sebagaimana diketahui, KH Mahrus Hasyim yang wafat pada tahun 2006 lalu, dimata santri pondok Tremas dan masyarakat dikenal sebagai figur kiai yang tegas dan kharismatik. Kepada para santrinya, Kiai Mahrus lebih banyak mengajarkan berbagai macam ilmu hikmah.

Dalam mendidik santri, Kiai Mahrus juga dikenal sebagai kiai yang tegas dan disiplin. Namun dibalik ketegasannya, Kiai Mahrus merupakan kiai yang santun dan memasyarakat.

Penulis : Anwar Sanusi

Redsktur : Zaenal Faizin