Keluarga Besar Ma’had Aly Sowan Kepada KH.Maimun Zubair

0
1858

Rembang : Keluarga Besar Ma’had Aly Al-Tarmasi, yang terdiri dari Mudir, Muhadir dan Mahasantri pada hari ahad ( 13/ 04) mengadakan acara Silaturahmi dan Rihlah Ilmiah ke Sarang di Rembang, Pesantren Roudlotuttolibin Asuhan KH.Mustofa Bisri ( Gus Mus) dan Pesantren Maslahul Huda di Pati Jawa Tengah.

Silaturahmi yang diadakan oleh Hai’ah Tanfidziah Lijamiyyah Al- Tholabah ( BEM)Ma’had Aly tesebut dalam rangka menimba Ilmu secara langsung dari beberapa Kyai sepuh. Turut mendampingi rombongan mahasantri, KH. Luqman Harist, KH. Hammad Al-alim, H. Muad Harist  dan KH. Abdilah Nawawi berserta seluruh istri dan putra tercinta.

Pertama, Di Pesantren Sarang Rembang, Rombongan Mahasantri diterima dengan penuh hangat oleh KH. Maimun Zubair di Aula Pesantren Setempat. Mbah Mun, demikian para santri memanggil beliau menceritakan kedekatanya dengan Keluarga Besar Pondok Tremas. diceritakan bahwa Ibu Nyai Masthi’ah, isteri dari KH. Maimun Zubair adalah salah satu santri putri pertama yang menimba ilmu di Pondok Tremas dibawah asuhan KH. Harist Dimyathi.

Menurut penuturan Mbah Mun, beliau beserta isteri pada masa mudanya kerap kali bersilaturahmi ke Pondok Tremas. begitu pula sebaliknya, sesekali KH. Haris Dimyathi juga menyempatkan untuk sowan ke Ndalem KH. Zubair, ayah KH. Maimun Zubair di Sarang Rembang.

Selain itu, walupun beliau tidak secara langsung nyantri di Tremas, namun beliau menyebutkan bahwa silsilah sanad keilmuan beliau banyak diperolah dari para kyai di Pondok Tremas, diantaranya adalah dari dari Syaikh Muhammad Mahfud Attarmasi.

Kepada Pengasuh Pondok Tremas, Lanjut Mbah mun. Agar selalu menjaga dan melestarikan tradisi-tradisi warisan salafuna solih dengan selalu mengembangkan pengkajian dan pedalaman kitab kuningya. Disamping perlu menerapkan sistem akademis sesuai dengan perkemangan zaman dan teknologi.

Setelah selesai bersilaturrahmi, rombongan mahasantri melanjutkan perjalanan ke Kediaman Rois ‘Aam PBNU, KH. Mustofa Bisri di Pesantren Leteh Rembang.

Komentar Anda