Lulusan Tremas Diajak Berjejaring Saat di Dunia Kampus

0
263

Tremas- Forum Mahasiswa Alumni Pondok Tremas menggelar kegiatan sosialisasi dunia perkuliahan kepada santri kelas III Madrasah Aliyah Salafiyah Muadalah Pondok Tremas, dengan tema Ngobrol Bareng Dunia Kampus.

Sosialisasi tentang dunia perkuliahan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Al Tarmasi (Format) Nusantara.

Sosialisasi ini mendatangkan empat narasumber sekaligus, yaitu peraih beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Gadjah Mada, Fatkhu Sani Rohana, S.E., dan dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fattah Kikil, Nova Puspita, S.H.I., M.E.

Hadir pula Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pondok Tremas, Dr. Ali Mufron, M.Pd., dan Alumni Universitas Al Azhar Cairo-Mesir Gus Farkhi Asna, Lc.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat Format Nusantara, Ahmad Munadi, mewakili Ketua Umum Format, Agung Waluyo, mengatakan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan memberikan informasi tentang pentingnya berjejaring antar sesama alumni saat mereka melanjutkan belajarnya di kampus-kampus di Indonesia.

“Ada wadah yang bisa merekatkan ukhuwah islamiyah bagi alumni Tremas khususnya mahasiswa, yakni Forum Mahasiswa Al Tarmasi Nusantara. Dengan begitu, ketika kalian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sudah tidak bingung,” kata Munadi, Jum’at (4/2) di auditorium Ma’had Aly.

Dengan adanya sosialisasi ini. Format menekankan agar para santri lebih percaya diri dalam melanjutkan pendidikannya.

“Ayo mulai hari ini, kita mau melanjutkan kemana juga dipikirkan. Ditambah banyaknya organisasi Format di kota-kota besar pasti membuat kita lebih percaya diri,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ali Mufron, M.Pd, dosen Ma’had Aly Al Tarmasi, sangat mengapresiasi dan menyambut baik program ini.

“Saat ini, santri harus memegang dua prinsip Output. Keduanya adalah ulama yang intelektual atau intelektual yang ulama, bangsa Indonesia sangat membutuhkan figur yang teladan,” katanya.

Bukan hanya sosialisasi saja, anggota Format Nusantara kali ini juga melakukan Refleksi Sejarah FORMAT Nusantara pada malam harinya.

Penulis : Anwar Sanusi

Redaktur : Zaenal Faizin