Kiat Tetap Bugar Pasca Mudik

0
339

Para pemudik kerap merasa lelah setelah menempuh perjalanan pulang dari kampung halaman ke rumah masing-masing.

Bagaimana cara mengoptimalkan kondisi tubuh agar bisa kembali bekerja dengan baik pascamudik? dr Ngabila Salama dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berbagi kiat agat pemudik dapat kembali menjalankan rutinitas kerja dalam kondisi bugar.

Pertama, istirahat dan tidur yang cukup, yakni minimal 7-8 jam dalam sehari. Dalam perjalanan mudik, sempatkan waktu untuk beristirahat agar kondisi tetap fit.

Selain itu, penting untuk menjaga pola makan sehat. Pilih menu makanan seimbang empat sehat lima sempurna yang disantap secara  teratur.

“Kurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol,” ujar dia saat dihubungi www.antaranews.com, Ahad.

Kolesterol banyak terkandung dalam sumber hewani, seperti kuning telur dan kulit ayam. Juga makanan yang mengandung santan, minyak, mentega dan lemak.

Selain itu, kurangi juga santapan yang dapat menimbulkan asam urat seperti bayam, kangkung, daun singkong, emping melinjo, nangka, durian, jeroan, otak dan lemak.

“Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, termasuk gula itu sendiri, juga pemanis buatan pada minuman berkemasan seperti soda,” jelas Bila.

Pada pasien dengan penyakit kronik degeneratif, seperti darah tinggi, kencing manis, jantung, dislipidemia, dan asam urat tinggi harus memeriksakan kembali tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol/profil lipid lainnya serta asam urat.

“Jika ada keluhan apa pun jangan ragu segera konsultasikan ke dokter agar cepat diobati,” imbuh dia.

Dia juga mengingatkan untuk terus berolahraga, setidaknya meregangkan tubuh pada pagi hari agar badan tidak kaku.

Olahraga yang dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar adalah olahraga aerobik seperti treadmill, lari, jalan santai, bersepeda atau berenang. “Olahraga aerobik menjaga kadar oksigen tubuh tetap baik,” ujar dia.

Setidaknya lakukan olahraga minimal tiga hari dalam sepekan dengan durasi 30-60 menit per hari.

Selain itu, sebaiknya hindari pekerjaan melelahkan yang dapat membuat tubuh menjadi stres. Selain fisik, batin pun perlu disiapkan agar dapat kembali melakukan aktivitas pascaliburan.

“Tenangkan pikiran, jangan stres, siapkan hari kerja dengan baik.”

Komentar Anda