Kiai Fuad Harap Pandemi Covid-19 tak Menghalangi Proses Pendidikan Santri

0
240
Kiai Haji Fuad Habib saat memberikan pengarahan

Tremas – Mengawali pembukaan tahun pelajaran baru 1442-1443 H Madrasah Salafiyah, Majelis Ma’arif (Bidang pendidikan dan pengajaran) Pondok Tremas Pacitan menggelar Iftitah Majelis Ma’arif dan Halal bihalal yang dihadiri oleh para masyayikh, pengasuh, dan pengurus di aula Pondok Tremas Pacitan, Rabu malam (26/5).

Pengasuh Pondok Tremas Pacitan KH Fuad Habib Dimyathi dalam sambutan pengarahannya berpesan kepada para pengurus untuk dapat melaksanakan tugas mendidik dan melayani para santri dengan penuh keihklasan dan tanggung jawab.

Alhamdulillah sudah hampir setengah ewu (lima ratus) santri yang diamanahkan kepada kita,” kata Kiai Fuad.

Oleh karenanya, amanah yang telah dipercayakan oleh wali santri kepada Pondok Tremas ini harus dijalankan bersama-sama dengan baik dan istiqamah. Sebab selama berada di Pondok Tremas seluruh tanggung jawab dan bimbingan santri diserahkan kepada pengasuh dan pengurus.

“Karena pondok itu ya kita ini, bukan saya bukan Pak Luqman, tapi kita,” ucap Kiai Fuad.

Kiai Fuad berharap walaupun dengan segala kekurangan dan keterbatasan karena pandemi Covid-19 yang masih mewabah, namun proses pendidikan dan pengajaran harus tetap berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harus bismillah, kita harus lillahi ta’ala. Senajan (walaupun) terseok-seok harus tetap berjalan ila yaumul qiyamah,” tandasnya.

Terakhir, Kiai Fuad mendoakan para pengurus agar selalu diberikan kekuatan dalam membimbing dan mendidik para santri. Dibalik kesungguhan dalam pengabdian, utamanya mengabdi kepada ilmu maka terdapat keberkahan didalmanya.

“Bismillah selamat berkhidmah semoga mendapat kemudahan, barokah, ganjaran, fiddini wadunya wal akhiroh,” tutupnya.

Iftitah Majlis Ma’arif rutin digelar setiap tanggal 15 Syawwal. Acara ini diisi dengan arahan-arahan penting kaitanya dengan pengembangan pendidikan dan pengajaran. Pada forum ini diperkenalkan pula para pengurus baru yang diminta untuk berkhidmat di Pondok Tremas Pacitan.

Salah satu upaya yang ditempuh untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Pondok Tremas Pacitan, salah satunya adalah berupaya menjalankan segala yang telah ditetapkan melalui sidang Majelis Ma’arif, Ma’hadiyah, Annasyathot, yang digelar pada bulan ramadhan lalu. (Anwar Sanusi/Media Watch Attarmasi)

Komentar Anda