Gus Muadz Tegaskan Pesantren Mampu Hadapi Terpaan Isu Miring

0
770
Gus Muadz Harist didepan para santri peserta Lomba Takbir Keliling Idul Adha 1443 H, Sabtu malam (9/11)

Tremas- Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, KH Muadz Harist Dimyathi menegaskan bahwa Pondok Tremas akan selalu bersinergi dan bekerja sama dengan pemerintah.

“Memang saat ini pondok pesantren baru dinilai sedikit negatif karena ada kasus di Jombang kemarin. Tapi yang perlu diketahui bahwa Pondok Tremas adalah pondok yang akan selalu mentaati dan bersinergi dengan pemerintah. Maka insyaallah Tremas tidak akan melakukan apapun kegiatan diluar dari ketentuan negara kita,” katanya.

Penegasan tersebut disampaikan saat kegiatan gebyar takbir keliling, Sabtu malam (09/07/2022).Kegiatan rutin tahunan tersebut diikuti oleh seluruh santri dan masyarakat Desa Tremas.

“Jadi, malam hari ini kita wajib bersyukur bahwa kegiatan lomba takbir keliling bisa dilaksanakan. Semoga kedepanya kegiatan ini akan semakin meriah kembali dan selalu mendapatkan ridho Allah SWT,” sambungnya.

Kiai yang suka mendaki gunung tersebut berharap pemerintah daerah Kabupaten Pacitan lebih memperhatikan terhadap pondok pesantren. Ia mengatakan, berawal dari perhatian pemerintah akan menjadikan sinergi yang kuat antara pesantren dengan pemerintah.

“Dan alhamdulillah malam hari ini beliau (Bupati Pacitan: red) bisa hadir, akhirnya bisa tahu persis bahwa Pondok Tremas ini mampu melaksanakan kegiatan yang bersifat tingkat desa akan tetapi kemeriahannya tidak kalah dengan yang bersifat tingkat kabupaten. Karena memang ini sudah menjadi tradisi yang kita kembangkan,” terangnya.

Gus Muadz Harist Dimyathi

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pesantren akan selalu istiqomah walaupun pesantren sedang tergoncang dengan isu yang tidak menyenangkan.

“Seperti hastag dari Pondok Tremas ini adalah #tremastetapdicari,” tegasnya.

Sementara putra presiden ke-6 Republik Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono, yang hadir menyaksikan lomba takbir keliling mengapresiasi santri dan masyarakat yang begitu semangat dalam memperingati dan menggelorakan takbir di hari raya idul adha.

Ia juga mengatakan bahwa idul qurban ini akan semakin memperkokoh semangat solidaritas kemanusiaan, persaudaraan, dan persatuan.

“Terutama dengan adanya idul qurban ini dapat membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu. Saya menyambut baik dan luar biasa untuk Pondok Tremas akan menyelenggarakan pawai dan takbir keliling,” katanya.

Redaktur : Zaenal Faizin