Dosen Univ.Kebangsaan Malaysia Lakukan Penelitian Di Tremas

0
632

Tremas : Abdurrohim, salah Seorang Dosen yang saat ini tengah menempuh Pendidikan Doktor (S.3) dari dari Universitas Kebangsaan Malaysia melakukan penelitian disertasi gelar doktor tentang Tokoh Ulama’ Internasional Asal Indonesia, yakni  Syaikh Mahfud Attarmasi.

Untuk kepentingan penelitian disertasinya mengenai Kiprah Syaikh Mahfud Attarmasi beserta karya-karyanya, Abdurrohim mengajak isteri dan keempat putranya melakukan kunjungan ke Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, Selasa Sore(18/03)

Sebelum melakukan penelitian di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, Abdurrohim telah melakukan penelitian ke Makkah dan Madinah untuk mencari sumber atau manuskrip kuno yang berkaitan dengan Uama’ ahli hadist yang terkenal itu.

Selain di Makkan dan madinah, abdurrohim juga melakukan penelitian di Pondok BUQ Betengan Demak, disana ia bertemu dengan Dzurriyah dari  Syaikh Mahfud Attarmasi. Disana pulalah ia mendapakan banyak karya-karya syaikh mahfudz yang disimpan dengan baik oleh keturunanya.

Selama melakukan penelitian di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, ia diterima oleh KH. Luqman Harist. Dari sinilah ia mendapatkan banyak informasi dan dokumen resmi tentang Syaikh Mahfud Attarmasi. Ia juga berkesempatan melihat-lihat aktifitas yang ada di Perguruan Pondok Tremas Pacitan.

Alasan ia melakukan penelitian tentang Syaikh Mahfud Attamasi karena ia kagum pada ulama nusantara yang pada asalnya bukan kelahiran arab namun dapat menulis berpuluh puluh kitab dengan mengunakan bahasa arab serta dapat menelurkan banyak  murid yang pada akhirnya dapat berperan di dunia islam. ini menunjukkan kealiman serta keluasan ilmu daripada ulama Nusantara salah satunya adalah Syaikh Mahfud Attarmasi.

IMG_0168

Komentar Anda