Bismillah, Imtihan Madrasah Salafiyah Dimulai

0
544

Tremas : Satu kegiatan besar Haul Masyayikh Pondok Tremas telah usai. Setelah pada Ahad malam (1/11) lalu telah dilakukan Khataman Al Quran dan Tahlil bersama masyarakat dan alumni dalam rangka memeringati Haul ke 21 Almagfurlah KH Harits Dimyathi.

Berselang sehari pasca Haul, Santri Pondok Tremas secara resmi mengikuti rangkaian Imtihan ( Ujian) Cawu Pertama Madrasah Salafiyah tahun pelajaran 1437 H. Imtihan dimulai Selasa Pagi (3/11).

Menurut informasi dari Sekretariat Imtihan, Sebanyak 1800 Santri, terdiri dari Santri MTs Salafiyah dan MA Salafiyah Mu’adalah menjadi peserta imtihan dan sedikitnya 120 Assatidz menjadi penguji dan pengawas.

Imtihan Madrasah Salafiyah akan digelar selama dua pekan, Mulai tanggal 3 sampai 15 November 2015. Imtihan dibagi menjadi dua bagian, Imtihan Tahriri ( Ujian tulis) dan Imtihan Syafahi ( Ujian Lisan).

Imtihan di lingkungan Pondok Tremas Pacitan bukan sebatas seremonial ujian seperti pada lembaga sekolah umum lainya. Selain dengan tekun melakukan Takror ( Belajar bersama) sebagai bentuk usaha lahiriyah, Para santri juga melakukan usaha bathiniah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT seperti melakukan Ziarah ke makam masyayikh, membaca rutinitas Asmaul Husna dan Shalawat.

Usaha yang dilakukan para santri ini bukan lain hanya mengharap agar dalam menjalani Imtihan diberikan kemudahan, kelancaran serta diberikan ilmu yang bermanfaat.

Komentar Anda