Terbangkan Balon Udara, Tradisi Santri Saat Idul Adha

0
640

Tremas : Kemeriahan hari raya idul adha 1436 H di lingkungan Pondok Tremas Pacitan tidak berhenti pada kegiatan lomba takbir keliling yang digelar semalam. Serangkaian kegiatan masih akan digelar hingga jumat (25/9) besok.

Sejak pagi tadi, ribuan santri dan masyarakat secara berjamaah menunaikan ibadah sholat idul adha. KH Rotal Amin bertindak sebagai imam dan KH Abdillah Nawawi bertindak sebagai khotib. sholat ied diakhiri dengan mushofahah ( Bersalaman) antar para jamaah.

Selepas sholat ied para santri dan pengasuh berkumpul di halaman masjid. Mereka menyaksikan penerbangan beberapa balon udara raksasa bergambarkan logo gerakan Ayo Mondok dan logo PHBI. Balon yang dibuat oleh para santri ini berhasil diterbangkan dengan menggunakan asap dari kayu yang dibakar.

Bersamaan dengan itu, dinyalakanlah berbagai jenis petasan sehingga membuat suasana menjadi lebih meriah. Para santri dengan antusias menyaksikan moment besar yang digelar tiap setahun sekali ini. Masyarakatpun turut menyaksikan dengan mengabadikan penerbangan balon ini melalui kamera smartphone mereka.

Sore nanti, Persatuan Olahraga Pondok Tremas ( Pormas) akan menggelar kegiatan lomba- lomba seperti lomba bola volly antar asrama, lomba tenis meja dan sepaktakraw.

Komentar Anda