Temu Kangen, Mahasantri Tebuireng Sambangi Tremas

0
598

Tremas : Disela kegiatan Haul Masyayikh Yang masih berlangsung. Seratusan Mahasantri Ma’had Aly Hasyim As’ari Tebuireng Jombang melakukan kunjungan ke Mahad Aly Attarmasi Pondok Tremas. Sabtu siang (31/10). Kesan temu kangen sangat terasa pada kunjungan kali ini.

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari kunjungan mahasantri Ma’had Aly Pondok Tremas ke tebuireng beberapa tahun lalu. Turut mendampingi rombongan KH Nur Hanan, Mudir ( Direktur) Ma’had Aly Tebuireng.

Rombongan diterima langsung oleh Mudir Ma’had Aly Attarmasi KH Luqman Harits dan seluruh mahasantrinya di Gedung Aula Pondok Tremas.

KH Luqman Dalam sambutanya banyak menceritakah sejarah dan  hubungan Tremas dengan Tebuireng. Hubungan ini bukan merupakan hal baru. Karena, dahulu KH Dimyathi dengan Hadratussyaikh KH Hasyim As’ari merupakan kawan seperguruan ketika menimba ilmu di tanah suci.

” Hingga saat ini pun, kami masih sering berkomunikasi dan saling memberi masukan kepada Gus Sholah ( KH Salahudin Wahid, Cucu Hadratussyaikh). Demikian Kata Koordinator Nasional Gerakan Ayo Mondok itu.

Melalui pertemuan antar Ma’had Ali ini, Tambah Kiai Luqman, diharap Tremas dan Tebuireng saling menguatkan dan tetap istiqamah menjadi pioner pesantren yang selalu menjaga ciri khas kesalafiahanya.

Sementara itu, KH Nur Hanan menyampaikan tentang keberadaan Ma’had Aly Tebuireng yang sejak didirikanya tahun 2006 lalu makin berkembang. Lulusan Ma’had Aly Tebuireng, Katanya, akan menjalani pengabdian selama dua tahun dengan dikirim ke daerah-daerah.

” Yang terahir lulusan kami kita kirim ke Medan, Bali, hingga ke daerah Kalimantan” Demikian pungkasnya.

Kunjungan diakhiri dengan saling memberikan kenang-kenangan kepada masing-masing Ma’had Aly.

Komentar Anda