Ribuan Santri di Pacitan Siap Gelar Kirab Hari Santri Nasional

0
587

Tremas : Ribuan santri di Pacitan siap dikerahkan untuk memeriahkan dan merayakan hari santri nasional yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015. Forum Komunikasi Pesantren Pacitan FKPP berencana menggelar kegiatan kirab hari santri nasional.

Rencananya kirab hari santri akan digelar Kamis Siang (22/10). Kirab akan diikuti lebih kurang 3000 santri dari seluruh santri pondok pesantren yang berasal dari 12 Kecamatan di kabupaten pacitan.

Kirab akan dipusatkan di alun – alun kota pacitan, para peserta kirab akan melakukan jalan kaki menempuh jarak 2 KM mengelilingi pusat kota pacitan. ” route kirab dimulai dari depan masjid agung pacitan kearah utara menuju pertigaan pembangunan selanjutnya melewati perempatan penceng dan berakhir di alun alun” demikian kata Gus Muad Harits, usai rapat koordinasi panitia kirab. Ahad siang (18/10) di Ndalem Paguron Soko Papat.

Rangkaian kirab hari santri akan dimulai setelah jamaah dzuhur. Sebelumnya peserta kirab akan mengikuti pembacaan Nadham Asmaul Husna di masjid agung darul falah pacitan. Selanjutnya pada pukul 13.00 Wib peserta akan melakulan pawai menuju alun alun melewari route yang ditentukan.

Pada pukul 15.00 akan digelar Apel siaga santri yang diisi dengan orasi oleh Bupati Pacitan dan pembacaan deklarasi hari santri nasional oleh KH Hammad Al Alim. Selanjutnya akan dilakukan penerbangan balon udara bergambar logo Hari Santri dan Gerakan Nasional Ayo Mondok. Pukul 16.00 peserta meninggalkan lokasi acara kembali ke pesantren masing masing.

Pengasuh Pondok Tremas KH Luqman Harits menghimbau kepada seluruh alumni untuk turut mendoakan dan mensukseskan hari santri nasional dengan membuat taggar #HariSantri22Oktober di media sosial masing masing hingga tanggal 23 oktober.

Komentar Anda