Kuatkan Syiar Islam, Takbir Keliling Pondok Tremas Kembali Digelar

0
731

Tremas- Perguruan Islam Pondok Tremas akan menggelar Gebyar Takbir Keliling pada malam hari raya Idul Adha, Sabtu (09/07/2022). Direncanakan, kegiatan itu akan diikuti oleh seluruh asrama putra dan putri serta perwakilan musholla se-Desa Tremas. Diperkirakan acara tersebut akan dihadiri ribuan massa sebagaimana beberapa tahun lalu sebelum adanya pandemi covid-19.

“Walaupun sempat terhenti karena pandemi, namun gebyar takbir keliling ini merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu oleh para santri dan masyarakat. Bahkan banyak yang mengatakan takbir keliling disini merupakan salah satu kegiatan terbesar di Pacitan,” kata ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pondok Tremas, Muhammad Rosikhul Hasan.

Santri asal lampung tersebut menyampaikan bahwa kegiatan takbir keliling sebagai upaya meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, juga meningkatkan peran pondok pesantren dalam membina dan melestarikan syiar Islam di kalangan masyarakat.

“Tidak hanya itu, kegiatan tersebut untuk memberi kesempatan kepada santri dalam meningkatkan kemampuan bermasyarakat, berkreasi, dan sekaligus wahana untuk menjalin tali persaudaraan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, selain untuk mengembangkan bakat santri kegiatan ini juga diharapkan mampu memberi manfaat di masyarakat sekitar. Selain itu, berkat kegiatan ini juga masyarakat dapat mengerahkan seluruh potensinya untuk menegakkan nilai-nilai Islam di kehidupan mereka.

“Selain sarana mempererat silaturahmi santri dengan masyarakat. Tentu juga untuk mencapai kehidupan yang menentramkan hati dengan nilai-nilai keislaman,” terangnya.

Rosi menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Pacitan. Dalam kegiatan ini peserta akan mengambil start dan finish di halaman masjid pondok kemudian menempuh jarak sekitar lima kilometer.

“Sebagaimana tahun sebelumnya, rute takbir keliling nanti dari halaman masjid pondok tremas menuju Arjosari dan kembali lagi ketika sudah sampai di pertigaan jembatan Semo-Pagutan,” pungkasnya.

Redaktur: Zaenal Faizin