Dr Mukodi Beberkan Strategi Meraih Kesuksesan Kepada Mahasantri

0
450

Tremas : Mukodi, Akademisi STKIP Pacitan membeberkan strategi menuju tangga kesuksesan kepada mahasantri Ma’had Aly.

Strategi itu disampaikanya saat mengisi orasi ilmiyah dalam rangka Muhadloroh Ammah atau Stadium General dalam rangka pembukaan perkuliahan Ma’had Aly ( Pesantren Tinggi) Attarmasi tahun akademik 1436-1437 H. Jum’at malam (9/10) di Aula Pondok Tremas Pacitan.

Menurutnya, ada beberapa kiat-kiat yang perlu dilakukan oleh mahasantri untuk menuju kesuksesan. Strategi pertama dengan memperkuat institusi kelembagaan ma’had aly, yaitu dengan menyiapkan lulusan atau alumni yang sejajar dengan lulusan di PTN/ PTS.

Kedua, mahasantri harus memperkuat basis keilmuan kitab kuningnya ” Utamanya kitab-kitab mu’tabaroh” Ujarnya kepada seratusan mahasantri Program Fiqih dan Ushul Fiqh

Mahasantri, lanjut mukodi juga harus memperkuat jaringan / net working antar para alumni pesantren baik sekala regional, nasional bahkan internasional” agar peran dan  keberadaan santri dan alumni semakin nampak dimasyarakat” imbuh Doktor lulusan UNY Yogyakarta ini.

Selain itu, mahasantri perlu memperbanyak inkubator wirausaha dengan cara berlatih berwirausaha kecil – kecilan sehingga mahasantri mempunyai pengalaman dan mandiri dalam membiayai kehidupanya tanpa mengandalkan orang tua.

Hadir pada acara Muhadloroh Ammah civitas akademika Ma’had Aly para akademisi seperti KH Faqih Sujak ketua STAI NU Pacitan dan Hamka Hakim Akademisi STAI Al Fattah Kikil.

Komentar Anda