Sepak Bola Api Brojo Geni Ramaikan 1 Muharram 1437 H

0
416

Tremas : Ada banyak cara dilakukan untuk memperingati datangnya tahun baru hijriah 1 Muharram 1437 H. Salah satunya seperti keluarga besar Pondok Tremas Pacitan yang menggelar serangkaian kegiatan warisan para sesepuh terdahulu seperti Istighosah, Permainan sepak bola api “Brojo Geni” dan ngendil berjamaah. Selasa (13/10) malam.

Para santri menyambut datangnya tahun baru islam dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui kegiatan istighosah yang dipimpin oleh Pengasuh KH Asif Hasyim di Masjid Pondok Tremas. Dengan khusyuk mereka melafadkan doa-doa dengan harapan ditahun baru ini mereka selalu mendaparkan ridho, kesehatan dan istiqomah dalam belajar.

Selepas melaksanakan istighosah para santri berkumpul dihalaman masjid. Mereka dengan antusias menyaksikan permainan sepak bola api brojo geni yang dilakukan oleh para santri senior. Sebelumnya para santri telah melakukan tirakat dengan berpuasa dan telah melewati serangkaian proses latihan.

Permainan sepak bola api brojo geni dilakukan layaknya pertandingan futsal. Mereka tidak menggunakan sepatu. Bola yang digunakan merupakan bola khusus yang terbuat dari sabut kelapa. Kemudian bola api itu direndam ke dalam minyak tanah dan disulut api hingga terbakar. Butuh kemampuan khusus untuk memainkan permain ala pesantren itu. Mereka yang pemberani yang sanggup berebut bola dan menendangnya ke gawang.

Filosofi permainan bola api yang diajarkan oleh kiai kepada para santrinya mempunyai makna yang mendalam. Ketakwaan dilambangkan dengan puasa sebelum memulai permainan, pengendalian nafsu dilambangkan dengan bola api yang selalu menyala dan berbuat baik kepada sesama yang dilambangkan kerjasama saling menghargai antar para pemain.

Rangkaian peringatan tahun baru hijriah santri Pondok Tremas diakhiri dengan ngendil berjamaah ( Masak bersama) dengan menu sambal terong hingga pagi menjelang.

 

 

Komentar Anda