Santri Tremas Peringati Haul Mbah Hasyim

0
2204

Tremas : Ratusan santri, alumni dan masyarakat sekitar dengan khidmat mengikuti peringatan Haul Ke – 26 salah satu pengasuh Pondok Tremas Alm.KH.Hasyim Ihsan. Ahad malam(17/05). Acara berlangsung di Ndalem kyai Waki’ Hasyim komplek Asrama Al Huda Pondok Tremas Pacitan.

Mewakili keluarga, H.Ibnu Salam menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para alumni dan masyarakat dalam rangka turut mendoakan Almagfurlah KH.Hasyim Ihsan.

Pembacaan kalimah toyyibah dan tahlil dipimpin oleh H.Saifuddin. dengan khusyu dan khidmat para hadirin mengamini bacaan Doa yang dipimpin oleh salah satu putra beliau KH.Asif Hasyim.

Oleh para santri, Mbah Hasyim, demikian para santri memanggil KH.Hasyim Ihsan merupakan salah satu pengasuh yang sangat lembut dalam bertutur dan bersikap. Tidak pernah sekalipun beliau menampakkan sikap kerasnya kepada para santri.

Sikap lemah lembut dan ketawadhuan beliau mencerminkan kedalaman ilmunya. Semasa mengasuh Pondok Tremas bersama Alm.KH.Habib Dimyathi dan KH.Harits Dimyathi, beliau berbagi tugas sebagai kyai yang menangani bidang sosial dan kemasyarakatan.

Tidak heran dengan keluasan ilmu dan kekharismatikan yang beliau miliki, banyak masyarakat yang sowan untuk meminta nasehat dan doa dalam rangka menyelesaikan beberapa permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

Beliau wafat pada tahun 1989 silam, beliau dimakamkan bersama Sesepuh yang lain di Maqbaroh Gunung Lembu. Tiap hari makamnya tidak pernah sepi diziarahi oleh para santri.