Meneladani KH Abdul Manan Melalui Peringatan Haul

0
336

Tremas– Keluarga besar Pondok Tremas Pacitan bakal menggelar Dzikra Haul dari wafatnya Muassis dan pendiri pertama Pondok Tremas KH Abdul Manan Dipomenggolo. Haul akan dilakukan pada Senin, 1 Agustus 2016.

“Acara tersebut akan diselenggarakan pada pukul 13.00 (ba’da dzuhur), berlokasi di Makam Masyayikh di bukit Semanten Pacitan,” kata ketua panitia haul Ust Masruhan, Kamis (28/7).

KH Abdul Manan Dipomenggolo merupakan sosok yang berjasa besar bagi Pondok Tremas dan umat islam Indonesia pada umumnya. Beliau merupakan generasi pertama orang Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar Kairo Mesir pada 1850-an. Haul KH Abdul Manan Dipomenggolo biasa diperingati setiap minggu terakhir bulan Syawwal. Haul digelar dalam rangka meneladani kiprahnya.

“Dzikra Haul akan dimulai pada hari Ahad, diawali dengan kegiatan semaan Al Qur’an bil Ghoib di Masjid Baitul Millah Desa Semanten, yang akan diikuti oleh para santri dan masyarakat sekitar,” jelas Ustadz Masruhan.

Sementara itu, rangkaian acara haul pada akan diisi dengan Tahtim Al Qur’an, pmbacaan tahlil untuk para para kiai, dan pembacaan Manaqib yang berisi kiprah dan perjalanan hidup KH Abdul Manan Dipomenggolo.

“Diperkirakan ribuan santri dan masyarakat akan menghadiri Haul ini. Mereka berasal dari Pondok Tremas dan Pondok Kikil Arjosari,” pungkasnya.

 

 

 

Komentar Anda